Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pondok pesantren: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ Pusat Cianjur

nurhopippah, veppi (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pondok pesantren: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ Pusat Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (7).pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Peran pondok pesantren tidak hanya sebatas lembaga yang fokus terhadap pendidikan keagamaan saja, namun kini pondok pesantren tampil sebagai lembaga yang mengambil bagian dari pemberdayaan masyarakat terutama dalam bidang ekonomi. Salah satunya pondok pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ dengan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui potensiyang dimilikinya yaitu agribisnis. Tujuan dari penelitian ini diantaranya 1. Mengetahui Aspek Input Dari Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Lingkungan Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ 2. Mengetahui Proses Pelaksanaan Dari Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat diLingkungan Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ 3. Megetahui Aspek Output Dari Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Lingungan Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ Landasan pemikiran yang digunakan adalah menurut Adisasmita (2006 : 35) yaitu mengenai pemberdayaan masyarakat yang berupaya memanfaatkan dan mengelola sumberdaya masyarakat pedesaan secara efektif dan efisien, baik dari, 1). Aspek input (sumber daya manusia, dana,peralatan/sarana, data rencana dan teknologi); 2). Aspek proses (pelaksanaan, monitoring, evaluasi/pengawasan); 3). Aspek output (pencapaian sasaran, efektivitas dan efisiensi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara sistematis, faktual dan aktual mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pondok pesantren. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan, dokmentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pondok pesantren Al-Musri’ telah melakukan pemberdayaan ekonomi melalui agribisnis dengan melibatkan santri dan masyarakat, memberikan lahan untuk dikelola, serta bagi hasil yang dilakukan setelah panen dengan cara musaqah dan muzara’ah dan pemberdayaan ini sesuai dengan sasaran yang diinginkan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di lingkungan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Masyarakat; Pemberdayaan; Pondok pesantren
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Economic Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nurhopipah Veppi
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:31
Last Modified: 05 Jul 2024 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90219

Actions (login required)

View Item View Item