Metode MASTER (Menghafal Semudah Tersenyum) pada pembelajaran tahfidzul Qur'an: Studi kasus SDIK Nur Alifa Rancaekek Bandung

Mujiani, Alia Lutfi (2024) Metode MASTER (Menghafal Semudah Tersenyum) pada pembelajaran tahfidzul Qur'an: Studi kasus SDIK Nur Alifa Rancaekek Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Mengajarkan Al-Qur’an pada anak usia dini sangat ditekankan, karena pada usia mereka masih bersih dari beban fikiran, otak mereka masih fresh sangat dianjurkan untuk belajar Al-Qur’an contohnya menghafal Al-Qur’an. Pembelajaran tahfidzul Qur’an dilaksanakan agar mengembalikan anak-anak atau peserta didik kepada fithrah cinta Al-Qur’an. Pembelajaran tahfidzul Qur’an diterapkan di lembaga dengan harapan bisa mencetak generasi Qur’ani dengan berakhlakul karimah. Akan tetapi yang menjadi permasalahannya adalah seringkali anak-anak mengeluh terlebih dahulu saat mendengar kalimat ‘Menghafal Al-Qur’an’, anggapan mereka menghafal itu berat dan merasa terbebani. Maka dari itu, diperlukan metode menghafal Qur’an yang memang benar-benar menarik semangat dan antusias peserta didik untuk mengahafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Metode MASTER dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIK Nur Alifa Rancaekek Bandung, kemudian untuk mengetahui hasil dari penerapan Metode MASTER dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIK Nur Alifa Rancaekek Bandung, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan Metode MASTER dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIK Nur Alifa Rancaekek Bandung. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Metode yang dipakai adalah Studi Kasus, metode yang dilakuaka secara intensif, terperinci, dan juga mendalam terkait suatu program atau suatu instansi dengan memperoleh informasi langsung kepada informan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Metode MASTER (Menghafal Semudah Tersenyum) ini diterapkan di SDIK Nur Alifa untuk anak kelas I dan kelas II, tujuan diterapkannya Metode MASTER adalah untuk menanamkan rasa cinta Al-Qur’an terlebih dahulu pada anak. Hasilnya adalah anak-anak itu minimal hafal 3 surah dengan metode MASTER tersebut. Ketiga Surah tersebut adalah Surah An-Naba, An-Nazi'at dan Surah 'Abasa. Melihat target yang terukur di atas, jika dipresentasekan adalah 75% anak-anak kelas 1 hafal tiga Surah tersebut. hasil dari kuesioner pada Peserta Didik mengenai penerapan Metode MASTER pada pembelajaran Tahfidzul Qur’an ini, sebagian besar peserta didik mengatakan bahwa penggunaan metode ini dirasa cukup nyaman dan menyenangkan karena system belajarnya tidak membosankan. Faktor Pendukung Penerapan Metode MASTER di SDIK Nur Alifa Rancaekek Bandung ini adalah Guru atau Pendidik, Semangat Siswa untuk menghafal dan Media atau property yang menunjang pembelajaran. Sedangkan untuk Faktor Penghambatnya bisa jadi dari Guru atau pendidik itu sendiri, karena tidak ada kemauan atau malas untu mempersiapkan pembelajaran tahfidzul Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an; metode menghafal; metode master; pembelajaran; tahfidzul Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Alia Lutfi Mujiani
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:18
Last Modified: 08 Jul 2024 08:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90220

Actions (login required)

View Item View Item