Penerapan metode Talking Stick dan media visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII di MTs miftahul Falah Kota Bandung

Aulia, Zikri Idesta Shafanissa (2024) Penerapan metode Talking Stick dan media visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII di MTs miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PIUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Falah kota Bandung yang masih menggunakan metode ceramah. Siswa sering tidak memperhatikan penjelasan guru, sehingga meneruskan permasalahan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Metode dan media yang tepat harus digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran aqidah akhlak adalah pengunaan metode talking stick dan media visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Penerapan metode talking stick dan media visual dalam pembelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Miftahul Falah kota Bandung. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siwa menggunakan metode talking stick dan media visual dalam pembelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Miftahul Falah kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa metode talking stick dan media visual dapat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini adalah untuk menyadari bahwa penggunaan metode talking stick dan media visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistika. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan metode talking stick dan media visual pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas VII C berjalan dengan baik dengan rata-rata nilai observasi aktivitas guru sebesar 87,3% dan siswa sebesar 86,6% yang berada pada kategori baik. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan metode talking stick dan media visual dengan metode konvensional dengan didapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 52,46 untuk kelas eksperimen dan 54,06 untuk kelas kontrol, sedangkan pada hasil post-test diperoleh nilai rata-rata 79,20 untuk kelas eksperimen dan 66,63 untuk kelas kontrol. Adapun peningkatan yang diberikan metode talking stick dan media visual terhadap hasil belajar kognitif yaitu sebesar 56,42% nilai tersebut diambil dari peningkatan N-Gain kelas eksperimen. Berdasarkan hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berdistribusi normal kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil uji-t dengan nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Talking Stick; Media Visual
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Idesta Zikri Shafanissa Aulia
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:39
Last Modified: 05 Jul 2024 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90247

Actions (login required)

View Item View Item