Alfondra, Gusrian (2020) Hubungan antara supervisi akademik dengan hasil belajar siswa: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Asih Putera Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini beranjak dari sebuah kegiatan supervisi akademik dilakukan kepala madrasah sebagai pemimpin di madrasah. Kepala madrasah bertanggung jawab melakukan pembaruan, mengevaluasi dan membimbing bawahannya untuk meningkatkan keprofesionalan kinerja bawahannya di madrasah. Salah, satunya yaitu pada proses kegiatan belajar mengajar yang bermutu. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kegiatan supervisi akademik di MTs Asih Putera Kota Cimahi; 2) Hasil belajara di MTs Asih Putera; 3) Hubungan supervisi akademik dengan hasil belajar siswa di MTs Asih Putera Kota Cimahi. Pendekatan penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif, metode penelitian ini deskritif korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 24 sampel dari jumlah total 24 orang keseluruhan populasi guru dan tenaga pengajar di MTs Asih Putera Kota Cimahi, menggunakan kuesioner model Skala Likert sebagai data primer yang disebarkan melalui bantuan aplikasi Whats App dan Google From. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa (1) supervisi akademik di MTs Asih Putera Kota Cimahi termasuk ke dalam kualifikasi tinggi dengan nilai rata-rata keseluruhan 4,18 yaitu: perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan pengevaluasi supervisi akademik. (2) Hasil belajar siswa di MTs Asih Putera Kota Cimahi mendapatkan nilai rata-rata 4,19 dan termasuk indikator tinggi. Variabelnya yaitu: kemampuan pedagogoik; kepribadian; sosial; profesionalisme; sarana prasarana penunjang pembelajaran; dan standar kelulusan mata pelajaran. (3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara Supervisi akademik dengan hasil belajar siswa dengan nilai Koefisien determinasi sebesar 60,6%. Artinya semakin baik kegiatan supervisi akademik, maka semakin baik pula hasil belajar di MTs Asih Putera Kota Cimahi. Dengan demikian, direkomendasikan agar supervisi akademik di MTs Asih Putera Kota Cimahi dapat ditingkatkan menjadi lebih baik guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Education, Research Education > Organization of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alfondra Gusrian |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90368 |
Actions (login required)
View Item |