Pengaruh Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Bank Mega Syariah periode 2012-2022

Amini, Shabrina Fatimah (2024) Pengaruh Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Bank Mega Syariah periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan bank yang memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi dan stabilitas keuangan suatu negara. Sesuai dengan tujuan ekonomis bank pada umumnya, Bank Mega Syariah juga diharuskan meningkatkan kinerjanya. Salah satu evaluasi kinerja mendasar atas kesehatan keuangan bank adalah berdasarkan pemeriksaan rasio keuangan salah satunya yaitu Return On Assets (ROA), karena rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas dari keseluruhan operasi perusahaan. ROA dipengaruhi oleh beberapa variable diantaranya yang digunakan di penelitian ini adalah Non Performing Financial (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing to Deposit Ratio (FDR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financial (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing to Deposit Ratio (FDR), Terhadap Return On Assets (ROA) baik secara parsial maupun simultan. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara Non Performing Financial (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA), yang artinya apabila terdapat perubahan nilai pada rasio tersebut maka akan mempengaruhi kenaikkan dan penurunan rasio Return On Assets (ROA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Tahunan PT. Bank Mega Syariah Periode 2012-2022 melalui website www.megasyariah.co.id. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi. Analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25 dan Microsoft Excel sebagai pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan tabel hasil pengujiann statistik t (parsial) Non Performing Financing tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Assets dengani thitung < ttabel, yaitu 0,190 < 2,571 dan nilai signifikansi 0,854 > 0,05. Operational Effiency Ratio berpengaruh negative signifikan terhadap Return On Assets dengan thitung < ttabel, yaitu -6,469 < 2,571 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Financing to Deposit Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets dengan thitung < ttabel, yaitu 2,428 > 2,571 dan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan antara Non Performing Financing, Operational Efficiency Ratio, Financing To Deposit Ratio terhadap Return on Assets dengan fhitung > ftabel yaitu 19,938 > 4,737. Kemudian dihasilkan nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing (NPF); Operational Efficiency Ratio (OER); Financing To Deposit Ratio (FDR); Return On Assets (ROA)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Shabrina Fatimah
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:55
Last Modified: 09 Jul 2024 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90418

Actions (login required)

View Item View Item