Pengaruh Net Profit Margin dan Gross Profit Margin terhadap kinerja keuangan pada Koperasi Pegawai Telkom Caremedia tahun 2012-2022

Zahra, Seinri Shafwatul (2024) Pengaruh Net Profit Margin dan Gross Profit Margin terhadap kinerja keuangan pada Koperasi Pegawai Telkom Caremedia tahun 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan ialah suatu analisis yang dilakukan untuk melihat seberapa baik serta benarnya suatu perusahaan pada menerapkan aturan kinerja keuangan. Kinerja keuangan yang sehat dari perusahaan terletak pada apakah penerapan peraturan yang ada dilakukan dengan baik dan akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Kinerja Keuangan dan menganalisis berapa besar pengaruh Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terhadap Kinerja Keuangan, mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin Dan Gross Profit Margin secara simultan terhadap Kinerja Keuangan Pada Koperasi Pegawai Telkom Caremedia Tahun 2012-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Net Profit Margin dan Gross Profit Margin sangat mempengaruhi yang akan terjadi pada kinerja keuangan perusahaan, dimana saat Net Profit Margin dan Gross Profit Margin semakin tinggi maka kinerja keuangan juga pasti meningkat begitu pula sebaliknya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Koperasi Pegawai Telkom Caremedia Tahun 2012-2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji F) analisis uji asosiatif (analisis koefisiensi determinasi, analisis regresi liniear berganda). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan yang dibuktikan dari hasil uji t 0,007 < 0,05 dan nilai thitung 3.594 > nilai ttabel 2.306 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Secara parsial Gross Profit Margin (GPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan yang dibuktikan dari hasil uji t sebesar 0,022 < 0,05 dan nilai thitung = -2.841 < nilai ttabel 2.306 maka H02 diterima dan Ha2 ditolak. Kemudian secara simultan Net Profit Margin dan Gross Profit Margin berpengaruh secara signifikan yang dibuktikan dari hasil uji f sebesar sebesar 0,019 < 0,05 dan fhitung 6,837 > nilai ftabel 4,459. Hal tersebut membuktikan bahwa Ho3 ditolak dan Ha3 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Gross Profit Margin (GPM); Kinerja Keuangan
Subjects: Econmics
Cooperative
Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Seinri Shafwatul Zahra
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:06
Last Modified: 09 Jul 2024 01:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90443

Actions (login required)

View Item View Item