Analisis strategi calon legislatif Partai Kebangkitan Bangsa Kota Cimahi dalam pemenangan pemilihan umum 2019 di Kota Cimahi

Zuama, Agam (2024) Analisis strategi calon legislatif Partai Kebangkitan Bangsa Kota Cimahi dalam pemenangan pemilihan umum 2019 di Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Melihat fenomena strategi yang dilakukan Oleh Calon Legislatif dalam pemilu sangat beragam dan bervariasi. Kontestasi politik melalui Pemilihan Umum menjadi jembatan para caleg untuk dapat memenangkan pemilu dan duduk di kursi pemerintahan. Maka dalam hal ini penulis meneliti mengenai analisa strategi calon legislatif Partai Kebangkitan Bangsa Kota Cimahi dalam pemenangan pemilu 2019 di Kota Cimahi. Adapun yang menjadi rumusan masalah diantara yang pertama adalah bagaimana strategi politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam memenangkan pemilu 2019 di Kota Cimahi, kedua adalah apa pengaruh strategi politik terhadap pemilihan calon legislatif PKB pada pemenangan pemilu 2019 di Kota Cimahi.Teori yang digunakan dalam menganalisis masalah adalah strategi politik ofensif dan defensive dalam buku Peter Schroder dengan judul Stategi Politik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi serta observasi. Teknik analisa data menggunakan Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, tahap penyajian data serta tahapan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah Strategi yang digunakan para calon legislatif yakni adalah dengan memenangkan pemilihan umum disetiap masing-masing dapil dengan cara Penguatan struktur organisasi partai di tingkat Kecamatan hingga TPS, politik kehadiran, melakukan komunikasi politik dengan pemilih di masing-masing daerah pemilihan, serta melakukan sosialisasi politik terhadap masyarakat luas dalam setiap agenda-agenda sosial yang berhubungan dengan masyarakat. serta pengaruh strategi yang dilakukan oleh para caleg PKB berdampak terhadap dukungan yang baik terhadap ketiga calon legislatif yang terpilih dari beberapa golongan simpatisan, santri dan pesantren, ibu-ibu pengajian, serta masyarakat luas melalui pemenangan caleg PKB Kota Cimahi dalam pemilihan Umum 2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partai Kebangkitan Bangsa; Calon Legislatif; Strategi Politik;
Subjects: Political dan Government Science
Political dan Government Science > Education of Politics
Political Process > Practical Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: agam zuama
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:47
Last Modified: 08 Jul 2024 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90449

Actions (login required)

View Item View Item