Layanan bimbingan kelompok melalui program obrolan seputar pubertas untuk memahami masa pubertas bagi siswa sekolah dasar: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fitrah kompleks Margahayu Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung

Rahayu, Rahayu (2024) Layanan bimbingan kelompok melalui program obrolan seputar pubertas untuk memahami masa pubertas bagi siswa sekolah dasar: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fitrah kompleks Margahayu Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Masa pubertas merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa remaja, pada masa ini anak memerlukan bimbingan dari orang dewasa, sebab pada masa ini akan banyak perubahan yang dialami oleh anak yang mengalami masa pubertas, perubahan dari segi fisik dan emosionalnya. Jika anak mendapatkan atau mencari informasi kepada orang yang salah maka dikahawatirkan anak akan mengalami pernyimpangan dalam masa pubertasnya. Oleh sebab itu, maka dirasa penting untuk memberikan infromasi terkait pubertas kepada remaja yang mulai memasuki usia pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap informasi seputar pubertas dan mengukur sejauh mana program obrolan seputar pubertas dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap informasi seputar dan mengevaluasi efektifitas program bimbingan kelompok dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pubertas, selain itu penelitian ini juga bertujuan mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap program obrolan seputar pubertas dan mengidentifikasi aspek yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah berdasarkan pengamatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan deskriptif yakni metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti secara mendalam dengan mendeskripsikan hasil penelitian secara urut. Jenis data yang digunakan yaitu data primer (utama) dan data sekunder (data pendukung). Sumber pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berlandaskan pada teori layanan bimbingan kelompok yang disampaikan oleh Prayitno. Digunakannya teori ini sebab teori tersebut relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini ialah peneliti menemukan berbagai permasalahan siswa dimasa puber pada mayoritas siswa banyak yang sudah berpacaran, mengalami menstruasi, perubahan dalam bentuk fisik dan lain sebagainya. Namun setelah kegiatan layanan bimbingan kelompok melalui program obrolan seputar pubertas ini siswa menjadi lebih memahami cara bersikap orang yang sudah puber/baligh, sudah lebih siap untuk perubahan-perubahan yang akan terjadi pada dirinya pada masa pubertas dan mengetahui cara menyikapinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Masa Pubertas; Siswa
Subjects: Human Physiology > Puberty
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: RAHAYU RAHAYU RAHAYU
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:41
Last Modified: 08 Jul 2024 03:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90458

Actions (login required)

View Item View Item