Hubungan konsep diri dengan prestasi belajar di MAN 2 Bandung

Ajizah, Dini Nur (2014) Hubungan konsep diri dengan prestasi belajar di MAN 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satunya adalah konsep diri. Konsep diri adalah semua persepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik, aspek sosial, dan aspek psikologis, yang didasarkan pada pengalaman dan interaksi kita dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri siswa, prestasi belajar siswa dan juga untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XII di MAN 2 Bandung. Kerangka pemikiran dalam skripsi ini didasarkan pada dimensi-dimensi yang terdapat dalam konsep diri yang terdiri dari dimensi internal dan dimensi eksternal. Dimensi internal terdiri dari Identity self, Behavioral self dan Judging self. Sedangkan dimensi eksternal self terdiri dari diri fisik, diri moral, diri personal, diri keluarga dan diri sosial. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data mengenai konsep diri dan prestasi belajar, penulis menggunakan teknik angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara statistik Berdasarkan hasil analisis data, dengan taraf signifikansi 0,05, hipotesisnya ditolak karena Fhitung 0,021 < Ftabel 0,205. Artinya tidak terdapat hubungan konsep diri dengan prestasi belajar. Koefisien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,021. Tingkat pengaruh variabel X terhadap Y adalah 0,045 %. Angka ini menunjukan bahwa terdapat faktor lain sebesar 99,95 % yang mempengaruhi prestasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Prestasi Belajar
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 May 2018 18:59
Last Modified: 30 May 2018 18:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item