Menganalisis Net Profit Margin melalui Working Capital Turnover dan Current Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Pt. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2013-2022

Anshari, Agym Hasan (2024) Menganalisis Net Profit Margin melalui Working Capital Turnover dan Current Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Pt. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hipotesis yang menyatakan bahwa untuk mengukur profitabilitas perusahaan dapat diketahui menggunakan rasio Net Profit Margin. Rasio ini dipengaruhi oleh rasio Working Capital Turnover jika semakin tinggi rasio ini, maka perputaran modal kerja suatu perusahaan akan semakin tinggi dan akan meningkat pula laba yang didapatkan. Demikian pula jika Current Ratio semakin baik maka semakin baik perusahaan dalam membayar hutang jangka pendeknya dan akan semakin baik pula peningkatan keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Working Capital Turnover secara parsial terhadap Net Profit Margin; (2) Pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin: dan (3) Pengaruh Working Capital Turnover dan Current Ratio secara simultan terhadap Net Profit Margin pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Periode 2013-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder runtun waktu (Time series) yang berasal dari annual report Pt. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Periode 2013-2022. Analisis data yang digunakan meliputi: analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Pengolahan data menggunakan software SPSS for windows versi 26.0 dan Microsoft Excel 2013 sebagai penunjang dalam pengolahan data. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Working Capital Turnover secara parsial terbukti berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin dibuktikan dengan hasil uji-t sebesar -2.044 dengan koefisien determinasi sebesar 34,3%. (2) Current Ratio secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Profit Margin dibuktikan dengan hasil uji-t sebesar 6.048 dengan koefisien determinasi sebesar 82,1%. dan (4) Wor�king Capital Turnover dan Current Ratio secara simultan terbukti berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap Net Profit Margin yang dibuktikan dengan hasil uji-f sebesar 18.508 dengan koefisien determinasi sebesar 84,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover; Current Ratio; Net Profit Margin
Subjects: Econmics
Econmics > Economic Forecasting
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Agym Hasan Anshari
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:30
Last Modified: 09 Jul 2024 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90511

Actions (login required)

View Item View Item