Pengaruh pengetahuan, persepsi masyarakat dan keamanan terhadap keputusan membayar ZIS melalui digital Payment pada masyarakat muslim Kabupaten Purwakarta

Cahyani, Natasya Aprilianti (2024) Pengaruh pengetahuan, persepsi masyarakat dan keamanan terhadap keputusan membayar ZIS melalui digital Payment pada masyarakat muslim Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Pembayaran ZIS melalui digital payment memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi, karena memudahkan masyarakat muslim dalam membayar ZIS yang sebelumnya dilakukan secara langsung dengan pergi ke tempat zakat, saat ini membayar ZIS dapat dilakukan dimanapun dan praktiknya lebih mudah melalui internet dalam berbagai platform digital. Pembayaran ZIS secara online tidak hanya berdasar pada perkembangan teknologi saja, akan tetapi hal ini terjadi karena sebuah fenomena yang menghadirkan dampak positif bagi masyarakat muslim di Indonesia. Selain kemudahan dalam menggunakan digital payment, penyebaran ZIS juga dapat didistribusikan secara merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pengetahuan, persepsi masyarakat, dan keamanan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan membayar ZIS melalui digital payment pada masyarakat muslim Purwakarta. Teori-teori yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Technology Acceptance Model (TAM), Pengertian pengetahuan, persepsi masyarakat, keamanan, ZIS, Digital Payment. Lalu faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta struktur dan indikatornya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuisioner. Data kemudian dianalisis menggunakan berbagai teknik statistik, diantaranya analisis deskriftif, uji keabsahan data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R2). Proses analisis data didukung oleh aplikasi pengolahan data spss ver 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan membayar ZIS melalui digital payment, variabel persepsi masyarakat berpengaruh secara parsial terhadap keputusan membayar ZIS melalui digital payment, variabel keamanan berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan membayar ZIS melalui digital payment. adapun hasil uji secara simultan pengetahuan, persepsi masyarakat, keamanan berpengaruh terhadap keputusan membayar ZIS melalui digital payment masyarakat kabupaten Purwakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Payment; ZIS; Kabupaten Purwakarta
Subjects: Islam
Islam > Muslim
Islam > Zakat
Econmics
Education, Research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Cahyani Natasya Aprilianti
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:56
Last Modified: 08 Jul 2024 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90522

Actions (login required)

View Item View Item