Pendampingan masyarakat berbasis komunitas dalam upaya meningkatkan kesadaran beragama : Studi deskriptif komunitas Majelis Tato

Auliya, Tazkiya (2024) Pendampingan masyarakat berbasis komunitas dalam upaya meningkatkan kesadaran beragama : Studi deskriptif komunitas Majelis Tato. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi beberapa tahun kebelakang khususnya di Kota Bandung banyak bermunculan komunitas keagamaan yang mewadahi keinginan individu untuk berhijrah, salah satunya adalah Komunitas Majelis Tato. Dibawah kepemimpinan Rosihan Fahmi, komunitas ini membantu anggotanya untuk berhijrah melalui proses pendampingan. Penamaan komunitas “Majelis Tato” juga bukan hanya sekedar komunitas yang berisi individu yang bertato, namun merupakan singkatan dari ikhtiar “Taubat Total”. Pendampingan berkaitan dengan pemberdayaan. Bahwa pemberdayaan masyarakat membutuhkan pendampingan, yang melibatkan upaya memfasilitasi pembelajaran non-formal guna mencapai kemandirian masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pendampingan dan bentuk pemberdayaan yang dilakukan Komunitas Majelis Tato dalam Upaya meningkatkan kesadaran beragama anggotanya. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendampingan menurut Wiryasaputra yaitu proses pemberian bantuan yang bertujuan untuk membantu individu atau kelompok yang didampingi dalam memahami keadaannya sepenuhnya untuk mengoptimal aspek fisik, mental, spiritual, dan sosial. Pendampingan dan pemberdayaan sangat erat, karena keduanya saling mendukung dalam proses pengembangan individu atau kelompok menuju kemandirian dan peningkatan kualitas hidup. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses pendampingan yang dilakukan oleh Komunitas Majelis Tato dalam upaya meningkatkan kesadaran beragama adalah melalui kajian rutin yang bertujuan untuk menciptakan kemandirian pada setiap anggota dengan mengoptimalkan pada aspek-aspek dimensi kesadaran beragama. Proses kajian ini melibatkan serangkaian diskusi dan kegiatan keagamaan yang dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih tentang ajaran agama. Selain itu, bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh Komunitas Majelis Tato melalui beberapa program yaitu pemberdayaan dari segi mentalitas, pemberdayaan ekonomi, Pemberdayaan sosial dan Pemberdayaan dari segi pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Pemberdayaan; Pendampingan Masyarakat.
Subjects: Social Groups > Religious Groups
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: tazkiya auliya auliya
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:36
Last Modified: 09 Jul 2024 03:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90543

Actions (login required)

View Item View Item