Stategi Coping Stress pada Guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa

Nurhasanah, Amelia (2024) Stategi Coping Stress pada Guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Mengajar siswa dengan kebutuhan khusus bukanlah hal yang mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis stress yang dialami oleh guru SLB, mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan stress yang dialami oleh guru SLB saat berhadapan dengan siswa berkebutuhan khusus, dan mengidentifikasi cara-cara guru SLB mengatasi stress tersebut. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 guru yang telah mengajar minimal 2 tahun di Sekolah Luar Biasa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa subjek mengalami gejala stress seperti gatal-gatal, pusing, dan masalah lambung. Stress subjek dipengaruhi oleh masalah keluarga, faktor usia dan tingkah laku siswa. Saat menghadapi situasi menantang , subjek menggunakan strategi coping stress untuk mengelola tekanan antara tuntutan internal dan eksternal serta sumber daya yang dimiliki. Subjek cenderung menggunakan problem focused coping dan emotional focused coping sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Coping Stress; Guru; Sekolah Luar Biasa.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Stress
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: amelia Nurhasanah
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:53
Last Modified: 09 Jul 2024 02:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90639

Actions (login required)

View Item View Item