Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pemulihan pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur tahun 2022: Studi deskriptif di Dinas Sosial Kabupaten Cianjur

Siraj, Nadhiva Adrikny (2024) Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pemulihan pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur tahun 2022: Studi deskriptif di Dinas Sosial Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Gempa bumi merupakan getaran di permukaan bumi yang terjadi akibat adanya pergerakan lempeng bumi. Gempa bumi seperti yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada tahun 2022 disebabkan karena adanya pergerakan dari Sesar Cugenang sehingga menimbulkan kerugian yang cukup banyak dan menelan banyaknya korban jiwa. Strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas terkait untuk memulihkan keadaan pasca bencana menuju keadaan yang lebih baik dari segi sosial, ekonomi serta lingkungannya yaitu dengan cara membuat beberapa program yang dikhususkan untuk korban terkena dampak langsung dari gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Sosial dalam proses pemulihan pasca gempa bumi yakni mencakup aspek perencanaan pemberdayaan, tujuan pemberdayaan, dan hasil dari program pemberdayaan tersebut sebagai bentuk pemulihan pasca bencana yang terjadi. Penelitian ini dilandasi teori Stephanie K. Marrus, bahwa strategi adalah proses perencanaan yang berfokus pada tujuan jangka panjang suatu organisasi, dengan menggunakan penyusunan upaya agar tujuan tersebut dapat tercapai. Tingkat keberhasilan strategi pemberdayaan dalam pemulihan ini diukur dengan mengacu pada teori Ali Mutopo, bahwa tolak ukur keberhasilan ditinjau dengan evaluasi dan pengendalian strategi, agar keberhasilassn yang dicapai dapat digunakan untuk menetapkan tujuan berikutnya serta untuk memastikan sasaran yang ditentukan telah sesuai sebagaimana mestinya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara dan studi dokumen. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dalam penelitian ini informan tersebut adalah Dinas yang berkaitan langsung dengan proses pemulihan pasca gempa bumi. Keabsahan data ditentukan oleh teknik triangulasi melalui tahapan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan yang dilakukan Dinas Sosial dalam pemulihan pasca gempa bumi ini relatif berhasil. Karena proses perencanaan pemberdayaan dilakukan dengan terstruktur, tujuan pemberdayaan dibentuk dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan, serta hasil pelaksanaan pemberdayaan tersebut sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan sehingga menghasilkan perubahan yang lebih baik pada kondisi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gempa Bumi; Pemberdayaan; Pemulihan
Subjects: Communities > Movement of People to, from, within Communities
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadhiva Adrikny Siraj
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:25
Last Modified: 09 Jul 2024 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90690

Actions (login required)

View Item View Item