Pengaruh Cash Flow Per Share dan Dividen Per Share terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di Perusahaan PT. Elnusa Tbk periode 2012-2022

Rahayu, Fitri (2024) Pengaruh Cash Flow Per Share dan Dividen Per Share terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di Perusahaan PT. Elnusa Tbk periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi yang dimana Indonesia secara waktu ke waktu telah berkembang dengan baik mengenai tentang saham dan investasi. Selain itu dari segi ekonomi, teknologi, dan infastuktur juga tengah berkembang dengan baik. Dengan perkembangan di Indonesia yang mulai berkembang menjadi sasaran bagi para pemodal saham, baik itu penaman modal asing maupun penanam modal dalam negeri untuk menginvestasikan sejumlah uang yang diberikan penanam modal kepada suatu perusahaan. Penulis menduga adanya beberapa faktor yang mempengaruhi Return Saham, diantaranya Cash Flow Per Share dan Dividen Per Share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Cash Flow Per Share secara parsial terhadap Return Saham, pengaruh Dividen Per Share secara parsial terhadap Return Saham, pengaruh Cash Flow Per Share dan Dividen Per Share secara simultan terhadap Return Saham di PT. Elnusa Tbk Periode 2013-2022. Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Korelasi Pearson Product Moment (PPM), Analisis Regresi Linier (sederhana dan berganda), Analisis Hipotesis (Uji T dan Uji F). Adapun pengelohan data menggunakan SPSS For Window Version 26.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Cash Flow Per Share secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien determinasi sebesar 0.00% dan t_hitung sebesar -0.36. Dividen Per Share secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan koefisiensi determinasi sebesar 72% dan t_hitung sebesar -1.447. Pada hal yang sama Cash Flow Per Share dan Dividen Per Share tidak berpengaruh simultan secara signifikan terhadap Return Saham sebesar 73% dan sisanya sebesar 27% dan F_hitung sebesar 1.062. Model regresi dalam penelitian ini memiliki nilai R2 sebesar 0.072958 yang menunjukan bahwa 73% variasi Return Sahan dapat dijelaskan oleh variabel independen yang diteliti. Temuan ini menunjukan adanya hubungan yang kuat antara Cash Flow Per Share (CFPS) dan Dividen Per Share (DPS) dengan Return Saham pada PT. Elnusa Tbk. Namun sekitar 27% variasi Return Saham dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Flow Per Share; Dividen Per Share; Return Saham
Subjects: Administration of Economy > Departments of Energi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fitri Rahayu
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:29
Last Modified: 09 Jul 2024 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90701

Actions (login required)

View Item View Item