Maulidah, Firda Khumairotul (2024) Intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial hubungannya dengan karakter tanggung jawab siswa dalam belajar PAI dan Buid Pekerti: Ppenelitian pada siswa kelas XI ATPH-A SMK Negeri 5 Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena rendahnya karakter tanggung jawab pada remaja atau siswa. Meningkatknya penggunaan media sosial di kalangan remaja agar media sosial tidak memengaruhi cara berpikir siswa tetapi dapat digunakan sebagai sumber belajar, dengan demikian mengakses konten keagamaan diharapkan dapat membantu membentuk karakter tanggung jawab siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui:1) intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial pada siswa kelas XI ATPH-A SMK Negeri 5 Kuningan, 2) karakter tanggung jawab siswa dalam belajar PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas XI ATPH-A SMK Negeri 5 Kuningan, 3) intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial hubungannya dengan karakter tanggung jawab siswa dalam belajar PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas XI ATPH-A SMK Negeri 5 Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 32 siswa. Data dikumpulkan melalui kuisioner/angket yang mengukur intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial serta karakter tanggung jawab siswa, selain itu pengumpulan data lain nya dengan observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan deskriptif analisis setiap indikator variabel X dan Y, uji normalitas, uji korelasi serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial (variabel X) memperoleh nilai rata-rata 2,98 dengan kualifikasi cukup. Pada karakter tanggung jawab siswa (variabel Y) memperoleh nilai rata-rata 3,47 dengan kualifikasi positif. Dapat disimpulkan, hubungan intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial variabel X dengan karakter tanggung jawab siswa variabel Y termasuk pada tingkat korelasi sedang dengan klasifikasi positif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan siswa yang intens dalam mengakses konten keagamaan di media sosial cenderung memiliki tingkat tanggung jawab yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial, ketika digunakan dengan bijak dan diarahkan pada konten yang positif, dapat membentuk karakter tanggung jawab siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas; konten keagamaan; media sosial; karakter tanggung jawab |
Subjects: | Islam > Islamic Ethics, Practice Adult Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Firda Khumairotul Maulidah |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 07:08 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90764 |
Actions (login required)
View Item |