Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pemanfaatan potensi lokal melalui objek wisata: Studi deskriptif objek wisata Taman Limo Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi

Atiiqah, Taskirani Putri (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pemanfaatan potensi lokal melalui objek wisata: Studi deskriptif objek wisata Taman Limo Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan objek wisata kini menjadi salah satu upaya penting dalam meningkatkan perekonomian di tingkat lokal. Objek wisata bukan hanya tempat untuk dikunjungi, tetapi juga menjadi sarana bagi masyarakat setempat untuk mengoptimalkan potensi daerah mereka secara berkelanjutan, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan kesejahteraan. Objek wisata Taman Limo merupakan salah satu wisata yang berada di Kabupaten Bekasi tepatnya di Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat. Objek wisata ini terus memberikan daya tariknya tersendiri melalui inovasi dan ide kreatif masyarakatnya. Kegiatan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat ini dinilai memiliki potensi yang cukup tinggi dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan ekonomi. Penelitian ini bertujuan mengetahui program pemberdayaan wisata Taman Limo, proses implementasi program pemberdayaan, dan hasil dari program pemberdayaan pemanfaatan potensi lokal dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Jatiwangi Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Edi Suharto. Teori ini membahas bagaimana sebuah program berjalan sesuai tujuan dengan meliputi adanya sebuah proses pemberdayaan dan mencapai hasil dari program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan data-data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pemberdayaan ekonomi berbasis pemanfaatan potensi lokal melalui objek wisata Taman Limo, yaitu dengan sebuah program yang sudah tersusun secara sistematis sesuai dengan aspek-aspek program. Proses pemberdayaan yang terdiri dari proses persiapan, proses pelaksanaan, proses pengawasan, proses evaluasi dan proses terminasi sehingga proses ini berjalan dengan baik. Hasil yang diperoleh dari wisata Taman Limo memberikan dampak perubahan sosial ekonomi yang baik, kecukupan bagi masyarakat, pekerjaan secara merata, adanya respon positif serta tepat sasaran. Jadi, wisata Taman Limo dalam mengimplementasikan program pemberdayaan sudah berhasil membantu perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Masyarakat; Objek Wisata; Pemberdayaan
Subjects: Communities > Suburban Communities
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Taskirani Rani Putri
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:41
Last Modified: 09 Jul 2024 08:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90770

Actions (login required)

View Item View Item