Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Pondok Pesantren Minhajul Karomah: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Minhajul Karomah Desa Cikadu Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Nurfatimah, Ridha Amalia (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Pondok Pesantren Minhajul Karomah: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Minhajul Karomah Desa Cikadu Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan agama, tetapi juga sebagai pusat pengembangan masyarakat yang dapat berkonstribusi signifikan dalam pemberdayaan ekonomi lokal. Pondok pesantren Minhajul Karomah merupakan salah satu pondok pesantren yang aktif dalam menjalankan pemberdayaan ekonomi. Namun, tantangan ekonomi yang dihadapi masyarakat sekitar pondok pesantren sebagian penduduknya masih berada dalam kondisi ekonomi yang cukup bahkan kurang. Oleh karena itu, keterlibatan pondok pesantren dalam pemberdayaan ekonomi diharapkan mampu menciptakan kondisi di mana peran pondok pesantren tidak hanya terbatas pada pendidikan agama atau keagamaan, tetapi juga sebagai lembaga yang dapat memecahkan berbagai permasalahan, termasuk masalah sosial dan ekonomi di masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses terencana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat yang dilakukan Pondok Pesantren Minhajul Karomah. Dan mengetahui hasil dari Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat yang dilakukan Pondok Pesantren Minhajul Karomah. Penelitian ini berlandaskan pada teori Pemberdayaan menurut Mardikanto dan Soebiato bahwa pemberdayaan dapat dijelaskan sebagai proses terencana untuk meningkatkan utilitas dari objek yang diberdayakan. Keberhasilan pemberdayaan diukur oleh teori indikator keberdayaan masyarakat menurut Schuler, Hashemi dan Riley, yang mereka sebut sebagai empowerment index atau indeks pemberdayaan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan keabsahan data ini menggunakan triangulasi. Dan analisis data ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren Minhajul Karomah berhasil mengimplementasikan langkah-langkah atau proses yang diperlukan untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Dan hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan pondok pesantren Minhajul Karomah tidak hanya meningkatkan kesejahteraan material tetapi juga memperkuat posisi dan politik individu, memberikan mereka kontrol yang lebih besar atas hidup mereka dan kemampuan untuk berkonstribusi pada kesejahteraan keluarga. Hal ini sejalan dengan teori indikator keberdayaan masyarakat menurut Schuler, Hashemi dan Riley, maka usaha konveksi di pondok pesantren dapat dianggap sebagai upaya yang efektif dalam meningkatkan keberdayaan ekonomi dan sosial santri dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peberdayaan Ekonomi; Masyarakat; Pondok Pesantren
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ridha Amalia Nurfatimah
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:40
Last Modified: 10 Jul 2024 05:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90819

Actions (login required)

View Item View Item