Praktik jurnalisme profetik dalam pemberitaan di media online: Analisis isi pada Rubrik Khazanah di Republika.co.id periode Oktober 2023

Risdayandini, Chyntia (2024) Praktik jurnalisme profetik dalam pemberitaan di media online: Analisis isi pada Rubrik Khazanah di Republika.co.id periode Oktober 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Media online merupakan jenis media massa yang mengandalkan kecepatan dalam menyampaikan sebuah informasi, sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan adanya sambungan internet. Hal tersebut dapat menimbulkan dampak bertebarnya berita bohong dikarenakan proses pemerolehan data yang kurang mendalam karena mengutamakan kecepatan dalam mengunggah berita. Jurnalisme profetik dipandang tepat untuk dipraktikkan dalam kegiatan jurnalistik sebagai upaya meningkatkan nilai dan kualitas pemberitaan di media online pada masa mendatang. Karena jurnalisme profetik mengandung prinsip-prinsip kebaikan, seperti nilai humanisasi (kemanusiaan), liberasi (membebaskan), dan transendensi (ketuhanan). Dengan begitu wartawan dihimbau untuk bergerak pada jalur informasi dengan menghormati ajaran agama mereka dan mematuhi kode etik jurnalisme untuk menghindari pelanggaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan profetik dengan nilai humanisasi, liberasi dan transendensi dalam berita di rubrik Khazanah pada media online Republika.co.id edisi bulan Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Analisis isi bertujuan untuk menemukan, mengidentifikasi, mengolah, dan menganalisis dokumen untuk memahami makna, signifikansi, dan relevansi dari konten media yang terstruktur dan objektif. Selain itu, penelitian ini menggunakan teori jurnalisme profetik yang digagas oleh Parni Hadi sebagai pendukung dalam proses analisis. Hasil dari penelitian dapat diuraikan ke dalam tiga bagian, yaitu penerapan nilai humanisasi, penerapan nilai liberasi, dan penerapan nilai transendensi dalam berita di rubrik Khazanah Republika.co.id. Humanisasi diterapkan dengan mengedepankan kepentingan publik dan menyuarakan aksi kemanusiaan melalui konten-konten atau berita dengan memperhatikan sisi humanis, memupuk rasa simpati dan empati, menjunjung tinggi martabat dan hak manusia, memperlihatkan kedudukan yang sama terhadap manusia, serta menulis sesuai etika jurnalistik. Liberasi diterapkan dengan menyajikan berita yang adil dan membebaskan manusia dari segala belenggu dengan informasi yang mengedukasi, mencerdaskan, serta tidak menimbulkan rasa khawatir bagi pembacanya. Transendensi diterapkan dengan menyajikan berita atau konten yang mengedepankan nilai-nilai kebaikan, informatif, bermanfaat, menginspirasi serta dapat mencerahkan pembacanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Online; Jurnalisme Profetik; Humanisasi; Liberasi; Transendensi; Republika.co.id
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Chyntia Risdayandini
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:20
Last Modified: 10 Jul 2024 08:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90909

Actions (login required)

View Item View Item