Dinamika interaksi sosial mahasiswi bercadar: Strategi membangun persepsi positif di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Riyanti, Lupi (2024) Dinamika interaksi sosial mahasiswi bercadar: Strategi membangun persepsi positif di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PERPUSTAKAAN)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswi bercadar memiliki penampilan yang tidak umum digunakan oleh mahasiswi lainnya, mereka seringkali dianggap tertutup dan eksklusif. Fenomena penggunaan cadar selalu menarik untuk dikaji karena melibatkan aspek sosial, budaya, dan agama yang mempunyai dampak yang signifikan terhadap individu dan masyarakat, termasuk dalam hal ini di lingkungan kampus. Mahasiswi yang bercadar tidak jarang mendapatkan persepsi yang negatif pada lingkup kampus, namun semua manusia membutuhkan interaksi sosial agar kehidupan tetap berlanjut, begitupun dengan perempuan yang memilih untuk menggunakan cadar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses interaksi sosial mahasiswi bercadar, agar dapat lebih memahami perbedaan dan hambatan yang dihadapi mahasiswi bercadar di lingkungan kampus, mengetahui persepsi dan memberikan pemahaman yang baik kepada mahasiswa terhadap mahasiswi bercadar. Serta untuk mengetahui strategi mahasiswi bercadar dalam membangun persepsi positif di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam teori interaksionisme simbolik yang digagas oleh Erving Goffman, lingkungan kampus menjadi panggung depan bagi mahasiswi bercadar. Simbol-simbol digunakan ketika berinteraksi agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Hasil dari interaksi sosial mahasiswi bercadar ini, dapat menghasilkan sebuah persepsi bagi mahasiswa lainnya, persepsi tersebut bisa positif atau negatif. Adanya pandangan buruk atau persepsi negatif terhadap mahasiswi bercadar, terbentuklah strategi-strategi untuk membangun persepsi yang baik, serta memperkuat kampus menjadi lebih inklusif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah interaksi sosial mahasiswi bercadar di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tidak terlepas dari penggunaan simbol, karena terdapat hambatan-hambatan untuk berlangsungnya interaksi yang efektif. Kemudian terdapat persepsi positif dan negatif di lingkungan kampus, yang mengharuskan mahasiswi bercadar mempunyai strategi atau cara agar tidak lagi dipandang negatif. Selain strategi dari mahasiswi bercadar, organisasi kampus berperan penting dalam membangun persepsi positif di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cadar; interaksionisme simbolik; persepsi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lupi Riyanti
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:19
Last Modified: 10 Jul 2024 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90916

Actions (login required)

View Item View Item