Optimalisasi pengawasan Pondok Pesantren Al-ittihad dalam meningkatkan kinerja organisasi siswa: Studi deskriptif kualitatif di Pondok Pesantren Al-ittihad Cianjur

Salsabila, Minhati (2024) Optimalisasi pengawasan Pondok Pesantren Al-ittihad dalam meningkatkan kinerja organisasi siswa: Studi deskriptif kualitatif di Pondok Pesantren Al-ittihad Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Pondok pesantren Al-Ittihad memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan membantu perkembangan santri di pesantren, untuk mewujudkan tujuan tersebut pimpinan pondok pesantren Al-Ittihad membentuk organisasi yang bernama IP4A (Ikatan Pelajar Pengurus Pondok Pesantren Al-Ittihad). Organisasi IP4A membantu dalam mengelola, mengatur dan mengoptimalkan program-program yang dimiliki oleh pondok pesantren. Dalam megukur suatu keberhasilan kinerja organisasi IP4A, maka diperlukan pengawasan yang dilakukan oleh pembina OSIS. Melalui pengawasan yang baik dapat memastikan bahwa organisasi bergerak sesuai dengan rencana, memenuhi tujuan, dan dapat bertanggung jawab atas tugasnya. Landasan pemikiran penulis mengacu pada teori pengawasan menurut Manullang (2012), Ia mengatakan bahwa proses pengawasan ada tiga tahapan yaitu, menetapkan alat ukur (standard), mengadakan penilaian (evaluasi), dan mengadakan tindakan perbaikan (corrective action). Teori Teknik Pengawasan mengacu pada teori Simbolon (2004) Ia mengatakan ada dua teknik pengawasan, yakni langsung dan tidak langsung. Serta teori kinerja menurut Hasibuan, (2017) menyatakan bahwa kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan mengambil data beserta informasi tentang optimalisasi pengawasan pondok pesantren Al-Ittihad dalam meningkatkan kinerja organisasi siswa dan Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, studi dokumentasi dan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik pengawasan yang dilakukan pondok pesantren Al-Ittihad dalam meningkatkan kinerja organisasi siswa adalah pengawasan langsung berupa mengikuti semua kegiatan yang diadakan pengurus OSIS sedangkan pengawasan tidak langsung dapat berupa menerima buku laporan kegiatan program kerja harian dan mingguan. Proses pengawasan pondok pesantren Al-Ittihad dalam meningkatkan kinerja organisaasi siswa adalah menetapkan terlaksananya semua program kerja sebagai standar. Mengadakan penilaian (evaluasi) mingguan dan bulanan dan mengadakan tindakan perbaikan (corrective action) dengan rapat evaluasi kinerja, identifikasi masalah dan penyebab, rencana perbaikan, implementasi rencana perbaikan dan pemberian reward. Hambatan dalam pelaksanaan pengawasan adalah keterbatasan jumlah supervisor (pembina OSIS). Sedangkan peluang diadakannya pengawasan adalah dapat mengidentifikasi area mana saja yang sudah berjalan dengan baik dan area yang perlu diperbaiki. ENGLISH: Al-Ittihad Islamic Boarding School aims to create an educational environment that supports and helps the development of students in Islamic boarding schools. To realize this goal, the leadership of the Al-Ittihad Islamic Boarding School formed an organization called IP4A (Al-Ittihad Islamic Boarding School Management Student Association). The IP4A organization assists in managing, organizing and optimizing Islamic boarding school programs. In measuring the success of the IP4A organizational performance, supervision by the OSIS supervisor is needed. Through good supervision, you can ensure that the organization runs according to plan, achieves its goals, and can be held accountable for its duties. The author's rationale refers to supervision theory according to Manullang (2012), he said that the supervision process has three stages, namely, establishing measuring instruments (standards), carrying out assessments (evaluation), and carrying out corrective actions (corrective actions). The theory of supervision techniques refers to the theory of Simbolon (2004). He said there were two monitoring techniques, namely direct and indirect. And performance theory according to Hasibuan, (2017) states that performance is a work result achieved by a person in carrying out the tasks given to him which is based on skills, experience, and seriousness and time. The method used in this research is descriptive. This method is used to describe, explain and retrieve data along with information about optimizing supervision at the Al-Ittihad Islamic Boarding School in improving the performance of student organizations and the data collection techniques in this research are observation techniques, documentation and in-depth studies. interview. The results of the research show that the supervision technique used by the Al-Ittihad Islamic Boarding School in improving the performance of student organizations is direct supervision in the form of following all activities organized by the OSIS management, while indirect supervision can take the form of receiving daily and weekly work program activity report books. The process of developing the Al-Ittihad Islamic Boarding School in improving the performance of the student organization is by determining the implementation of all work programs as standards. Carrying out weekly and monthly assessments (evaluations) and taking corrective action through performance evaluation meetings, identifying problems and their causes, improvement plans, implementing improvement plans and providing rewards. The obstacle in implementing supervision is the limited number of supervisors (OSIS supervisors). Meanwhile, monitoring opportunities are being able to identify areas that are working well and areas that need improvement. ARABIC: تهدف مدرسة الاتحاد الإسلامية الداخلية إلى خلق بيئة تعليمية تدعم وتساعد على تطوير الطلاب في المدرسة الداخلية. ولتحقيق هذا الهدف، قامت إدارة مدرسة الاتحاد الإسلامية الداخلية بتشكيل منظمة تسمى IP4A (رابطة طلاب إدارة مدرسة الاتحاد الإسلامية الداخلية). وتساعد منظمة IP4A في إدارة وتنظيم وتحسين البرامج التي تمتلكها المدرسة الداخلية. ولقياس الأداء الناجح لمنظمة IP4A، لا بد من الإشراف من قبل المشرف على مجلس الطلاب. فمن خلال الإشراف الجيد يمكن التأكد من أن المنظمة تسير وفق الخطة الموضوعة وتحقق أهدافها ويمكن أن تكون مسؤولة عن واجباتها. يشير الكاتب إلى نظرية الإشراف وفقًا لما ذكره مانولانج (2012)، حيث يقول أن عملية الإشراف لها ثلاث مراحل، وهي وضع أدوات القياس (المعايير)، وإجراء التقييمات (التقييم)، واتخاذ الإجراءات التصحيحية (الإجراءات التصحيحية). تشير نظرية تقنيات الإشراف إلى نظرية سيمبولون (2004). وقال إن هناك أسلوبين للإشراف، وهما المباشر وغير المباشر. ونظرية الأداء وفقًا لنظرية حسيبوان، (2017) تنص على أن الأداء هو نتيجة العمل الذي ينجزه الشخص في تنفيذ المهام الموكلة إليه بناءً على المهارات والخبرة والجدية والوقت. المنهج المستخدم في هذا البحث هو المنهج الوصفي. وتستخدم هذه الطريقة لوصف وشرح واسترجاع البيانات والمعلومات.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kinerja; organisasi; pengawasan; pondok pesantren
Subjects: General Organizations, Foundations
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Minhati Minhati Salsabila
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:37
Last Modified: 11 Jul 2024 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90938

Actions (login required)

View Item View Item