Implementasi pasal 16 Peraturan Daerah Kabupaten Karawang nomor 7 tahun 2015 tentang Kepemudaan di Kecamatan Purwasari perspektif Siyasah Dusturiyah

Backtiar, Wahyu (2024) Implementasi pasal 16 Peraturan Daerah Kabupaten Karawang nomor 7 tahun 2015 tentang Kepemudaan di Kecamatan Purwasari perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tahapan, dampak, dan tinjauan siyasah dusturiyah mengenai langkah-langkah kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang mengenai pemberdayaan pemuda berdasarkan Pasal 16 Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kepemudaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari tahapan, dampak, dan tinjauan siyasah dusturiyah terhadap Pasal 16 Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kepemudaan. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori implementasi kebijakan, teori tanggung jawab negara, dan teori Maslahah Siyasah Dusturiyah. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris, yang memerlukan data primer berupa hasil observasi dan wawancara lapangan serta data sekunder berupa buku, peraturan perundangundangan, jurnal, laporan, jurnal, skripsi, dan karya tulis hukum lain. Pengumpulan data tersebut menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, Tahapan kebijakan mengoptimalkan pemberdayaan pemuda di Kabupaten Karawang dengan mengadakan pelatihan kapasitas pemuda dan pembuatan program kerja pada organisasi pemuda, mengadakan literasi digital, dan mengadakan program beasiswa Karawang Cerdas, program yang dilandasi dengan teori pemberdayaan untuk meningkatkan tingkat pendidikan di kalangan pemuda dan pra pemuda. Kedua, dampak yang dihasilkan, literasi digital dapat meningkatkan kapasitas pemuda dalam mengidentifikasi potensi desa untuk dikelola dalam situs desa. Ketiga, ditinjau dari siyasah dusturiyah, untuk mewujudkan kemaslahatan (iqamah almashalih wa izalah al- mafasid). Ditinjau dari teori kemaslahatan terdapat hasil positif yang didapat yaitu dengan meningkatnya pengetahuan pemuda dan pra pemuda dimana hal tersebut dapat dikategorikan sebagai maslahah akl, yaitu manfaat bagi akal dan pikiran manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemuda; Program Pemerintah; Sipkades; Literasi Digital; Karawang Cerdas; Peraturan Daerah;
Subjects: Indonesia
Law
Law > Legal Systems
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Wahyu Backtiar
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:20
Last Modified: 10 Jul 2024 08:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90997

Actions (login required)

View Item View Item