Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Budidaya Daun Kelor: Studi Deskriptif di Kelurahan Karawaci Kecamatan Karawaci Kota Tangerang

Fathiyah, Siti (2024) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Budidaya Daun Kelor: Studi Deskriptif di Kelurahan Karawaci Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat di Kelurahan Karawaci masih kurang sadar akan pentingnya memenuhi asupan gizi bagi keluarganya yang diakibatkan dari afktor ekonomi. Maka, PKK meluncurkan program Gerakan budidaya Daun Kelor. Program ini bertujuan untuk meningkatkan swasembada gizi dan pencegahan stunting dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat tenttang pentingnya kesehatan dan perbaikan gizi. Masyarakt diajak untuk menanam Daun Kelor di lingkungan tempat tinggal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan yang dilakukan PKK dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui budidaya Daun Kelor di Kelurahan Karawaci Kecamatan Karawaci Kota Tangerang termasuk upaya pemberdayaan, partisipasi masyarakat, dan hasil pemberdayaan yang sudah dilaksanakan. Itu semua merupakan pendekatan pemberdayaan yang dilakukan oleh PKK Kelurahan Karawaci. Penelitian ini menggunakan teori Totok Mardikanto,pendekatan pemberdayaan yang mencangkup tiga tahap: upaya pemberdayaan, partisipasi masyarakat, dan hasil pemberdayaan. Dalam teori ini, peningkatan kemampuan masyarakat bertujuan untuk mencapai kemandirian dan memperbaiki kualitas hidup mereka dengan memanfaatkan kemampuan yang ada serta akses terhadap sumber daya dan layanan. Keberhasilan program pemberdayaan sangat bergantung serta pada peran aktif penyelenggara kegiatan dan masyarakat terkait dalam pelaksanaan program. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara yang mendalam dengan para kader PKK dan masyarakat serta dokumentasi kegiatan pemberdayaan yang telah dilakukan. Partisipan peneliti terdiri dari para kader PKK, tokoh masyarakat, ibu anak balita, dan masyarakat yang terlibat dalam program budidaya Daun Kelor. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, bahwa PKK Kelurahan Karawaci berhasil memanfaatkan potensi Daun kelor dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pendekatan pemberdayaan. Keberhasilan ini dapat dijadikan model bagi serupa di wilayah lain. rekomendasi yang diajukan meliputi perlunya dukungan berkelanjutan dari pemerintah daerah dalam bentuk kebijakan yang mendukung budidaya tanaman daun kelor. Dengan demikian, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dengan budidaya suatau komoditas yang sehat akan berbading lurus dengan kesehatan masyarakat jika diorientasikan untuk melakukan upaya pemberdayaan, partisipasi masyarakat dan hasil pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kesehatan; Budidaya
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Personal Health, Hygiene > Physical Fitness
Household Management and Personal Life > General Publications of Home Economic
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Fathiyah
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:57
Last Modified: 10 Jul 2024 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91008

Actions (login required)

View Item View Item