Pemberdayaan masyarakat miskin melalui program Kelularga Harapan (PKH): Studi deskriptif di Desa Ciroyom Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya

Khoerunnisa, Wilda (2024) Pemberdayaan masyarakat miskin melalui program Kelularga Harapan (PKH): Studi deskriptif di Desa Ciroyom Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (8).pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka (2).pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Permasalahan sosial yang paling menjadi perhatian sampai saat ini adalah. kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi tidak terpenuhinya kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan sebuah program bantuan tunai bersyarat yaitu PKH, untuk memnciptakan masyarakat yang mandiri, PKH mengadakan beberapa. program seperti pemberdayaan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini berfokus untuk menjelaskan proses pemberdayaan melalui Program Keluarga Harapan (PKH), faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanannya di masyarakat, serta meneliti terkait tingkat keberhasilan yang diperoleh dengan adanya PKH. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat dari Sunyoto Usman (2010) yang menyatakan bahwa dalam langkah menuju kemandirian, masyarakat didampingi untuk merumuskan analisis masalah yang terjadi, kemudian didorong dan dibantu untuk menyelesaikan permasalahannya, serta dibantu dalam mencari alternatif dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan memanfaatkan potensi atau kemampuan dalam masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan pihak terkait, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisa kemudian dibuat kesimpulan. Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) meliputi pemberian dana bantuan dan bimbingan sosial kepada masyarakat kurang mampu yang memenuhi syarat komponen pemberian PKH hingga menjadi masyarakat yang mandiri dan berdaya. Terdapat beberapa faktor pendukung PKH meliputi dukungan pemerintah yang baik, pendamping PKH yang cerdas, masyarakat yang berkomitmen, serta penyaluran dana yang efisien. Hasil yang diperoleh dari Program Keluarga Harapan ini dilihat dari perubahan yang dirasakan oleh masyarakat, baik dari segi kesehatan yang layak, pendidikan yang memadai, serta kesejahteraan sosial dan ekonomi di masyarakat yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan; Pemberdayaan Masyarakat; Program Keluarga Harapan (PKH)
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: wilda khoerunnisa
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:25
Last Modified: 10 Jul 2024 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91010

Actions (login required)

View Item View Item