Perilaku masyarakat Pribumi dan masyarakat Pendatang dalam mengelola Sampah : Studi Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung

Nurjanah, Saidah (2024) Perilaku masyarakat Pribumi dan masyarakat Pendatang dalam mengelola Sampah : Studi Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Permasalahan sampah menjadi salah satu permasalahan sosial yang ada dimasyarakat hingga saat ini. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk, perkembangan era globalisasi dan tingginya tingkat konsumsi di masyarakat. Permasalahan sampah dapat diminimalisir dan diatasi melalui pengelolaan sampah. Masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang di Desa Sayati memiliki peranan penting dalam pengelolaan sampah, dimana perilaku atau tindakan pengelolaan sampah yang dilakukan oleh masyarakat berperan sebagai Extanded Producer Responsibility atau tanggung jawab atas sampah yang dihasilkan oleh setiap masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang dalam mengatasi dan mengurangi tingkat volume sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang dalam mengelola sampah di Desa Sayati, dan untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang dilakukan oleh masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang dalam mengelola sampah di Desa Sayati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial Max Weber sebagai pisau analisis untuk mengkaji tindakan masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang dalam mengelola sampah dan teori pilihan rasional James Samuel Coleman sebagai teori pendukung dalam mengkaji dan menganalisis perilaku masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang dalam mengelola sampah di Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data, wawancara mendalam (In depth interview) secara terstruktur kepada 5 masyarakat pribumi, 4 masyarakat pendatang dan 6 petugas pemerintahan Desa Sayati, observasi non-partisipan, dan kajian pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data narasi. Tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Hubermas, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perilaku masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang dalam mengelola sampah didasari oleh adanya pemahaman terkait pengelolaan sampah, tindakan mengumpulkan, memilah, dan menjual sampah dari rumah, serta adanya keterlibatan pemerintah setempat dalam memberikan sosialisasi serta kebijakan dalam pengelolaan sampah. Kemudian langkah yang dilakukan oleh masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang dalam mengelola sampah adalah dengan melalui memilah sampah, mendaur ulang sampah, menggunakan produk yang ramah lingkungan, serta penyediaan sarana dan prasaran dari pemerintah setempat dalam menunjang pengelolaan sampah yang efektif dan efisien di masyarakat Desa Sayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Masyarakat; Masyarakat Pribumi Pendatang; Mengelola Sampah.
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Saidah Nurjanah
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:55
Last Modified: 11 Jul 2024 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91101

Actions (login required)

View Item View Item