Pola komunikasi dakwah Kyai Kamal Sutiana dalam membina akhlak santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hikmah Sodonghilir

Komalasari, Resta (2024) Pola komunikasi dakwah Kyai Kamal Sutiana dalam membina akhlak santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hikmah Sodonghilir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Pola komunikasi dakwah sangat penting untuk membina akhlak. Peneliti ingin mengetahui bagaimana, bagaimana, dan bagaimana pesan Kyai atau pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikmah disampaikan kepada santri selama proses pembinaan akhlak. Dengan sosoknya yang ramah, Kyai Kamal Sutiana memiliki cara komunikasi unik yang bertujuan untuk meningkatkan akhlak santri. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses,bentuk dan dampak dari adanya pola komunikasi Kyai Kamal Sutiana dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Sodonghilir. Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harlod Lassweell tahun 1948 menyatakan bahwa untuk menjelaskan proses komunikasi, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menjawab pertanyaan “Siapa Mengatakann Apa MelalluiSaluran Apa Kepada Siapa Dengan Efek Apa”. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, ini dilakukan berkaitan mengenai mengamati secra langsung proses komunikasi, selanjutnya wawancara dapat dilakukan kepada informan yakni pembina dan santri. Terakhir dokumentasi meliputi foto, video, rekaman pada kegiatan pengajian di pesantren. Dan terkahir penelitian analisis data yang digunakan yaitu pertama melalui reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses komunikasi yang digunakan Kyai Kamal dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Sodonghilir menggunkan pola komunikasi dua arah, dengan menggunakan metode persuasif dimana cara proses komunikasi Kyai Kamal disampaikan dengan halus dan lemah lembut. Kyai Kamal dalam penyampainya menerapkan 4 metode, yaitu: Metode Klasikal, PendektakanTafahum, Komunikasi Keteladanan dan Pembinaan Spritual. Sehingga dengan proses pola dan metode komunikasi tersebut, para santri mampu terbina akhlaknya dengan baik dimana sesuai dengan ajaran Allah Swt dan juga Rasulullah SAW. Implikasi yang muncul secara social yaitu diharapkan para santri selalu mengedepankan nilai-nilai yang akan mereka bawa ke masyarakat. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa membuka wawasan para dewan guru dalam mengembangkan program pembinaan akhlak yang inovatif serta dapat meningkatkan karya ilmiah yang ada di jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dan institusi UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk meningkatkan kualitas penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi dakwah; Pembinaan santri; Pondok pesantren.
Subjects: Islam Umum
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Resta Komala sari
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:38
Last Modified: 11 Jul 2024 01:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91129

Actions (login required)

View Item View Item