Penerapan Thoriqah Intiqaiyyah untuk meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab siswa kelas tinggi dalam pembelajaran Bahasa Arab di Mi-Alhidayah : Penelitian tindakan kelas di MI Al-Hidayah

Taufik, Sarah Zahra (2024) Penerapan Thoriqah Intiqaiyyah untuk meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab siswa kelas tinggi dalam pembelajaran Bahasa Arab di Mi-Alhidayah : Penelitian tindakan kelas di MI Al-Hidayah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Hasil penelitian problematika kemampuan menulis Arab siswa kelas IV MI Al-Hidayah dapat diketahui yaitu: Siswa mengalami kesulitan dalam membedakan huruf hijaiyyah, sulit dalam membedakan bunyi huruf hijaiyyah yang bunyi makhrajnya hampir sama, dan siswa sulit dalam menyambung huruf dan siswa sulit dalam menyusun kalimat. Kesulitan-kesulitan ini terjadi saat guru mengajarkan pembelajaran Bahasa Arab kepada mereka. yakni terkait dengan keadaan fisik atau jasmani setiap siswa yang datang belajar, termasuk kelelahan, kurang bergairah, semangat yang menurun, dan kurang sehat. Selanjutnya meliputi bakat, kecerdasan dan lingkungan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Thoriqah Intiqaiyyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Arab Siswa Kelas IV MI. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Mengetahui kemampuan menulis Arab siswa kelas IV sebelum di terapkan metode pembelajaran Thoriqah Intiqaiyyah, (2) Mengetahui penerapan pembelajaran Thoriqah Intiqaiyyah,(3) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis Arab siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Thoriqah Intiqaiyyah. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode pembelajaran Thoriqah Intiqaiyyah diduga dapat meningkatkan kemampuan menulis arab siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di MI Al-Hidayah. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Thoriqah Intiqaiyyah dapat meningkatkan kemampuan menulis Arab siswa. hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh persentase kemampuan menulis Arab siswa mencapai 51% atau berada pada kategori “Kurang”. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan menulis Arab siswa sedikit meningkat dengan persentase 59% atau berada pada kategori “Cukup”. Pada siklus II, kemampuan menulis arab siswa meningkat dengan persentase 71% dengan kategori “Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode Thariqah Intiqaiyyah; kemampuan menulis siswa; pembelajaran Bahasa Arab; kelas tinggi;
Subjects: Arabic
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sarah zahra Nursukmawati
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:19
Last Modified: 16 Jul 2024 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91258

Actions (login required)

View Item View Item