Pondok pesantren sebagai agen pembentukan karakter moderat santri: Penelitian di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung

Rifki, Muhamad (2024) Pondok pesantren sebagai agen pembentukan karakter moderat santri: Penelitian di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini membahas Pondok Pesantren sebagai agen pembentukan karakter moderat santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung dengan permasalahan yang dikaji 1) Bagaimana peran Pondok Pesantren sebagai agen pembentukan karakter moderat santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung?, 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter moderat santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung?. Teori struktural fungsional Talcott Parsons digunakan untuk memahami peran Pondok Pesantren Universal Bandung sebagai agen pembentukan karakter moderat santri serta faktor penghambatknya dengan fokus pada konsep Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency (AGIL). Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan untuk menggali informasi melalui data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi, studi kepustakaan, dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, termasuk reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung membentuk karakter moderat santri melalui lingkungan pesantren yang heterogen, program-program yang mengandung nilai-nilai moderat, tradisi, pondasi nilai-nilai moderat, serta ajaran dan contoh bersikap moderat langsung dari pengajar. Kendala yang dihadapi meliputi prinsip dan sikap konservatif yang dibawa dari tempat sebelumnya, serta masifnya pertukaran informasi yang sulit untuk difilter. Meskipun demikian, kendala tersebut hanya memperlambat proses pembentukan karakter moderat santri tanpa menghentikannya sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Moderat; Pondok Pesantren; Santri
Subjects: Doctrines of Religions
Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhamad Rifki
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:17
Last Modified: 11 Jul 2024 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91283

Actions (login required)

View Item View Item