Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan potensi Desa Ekowista: Studi deskriptif di Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis

Fauzi, Muhammad Hikam (2024) Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan potensi Desa Ekowista: Studi deskriptif di Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Saat ini, terjadi tren pergeseran dari pariwisata konvensional ke ekowisata yang semakin diminati baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan luar. Ekowisata diartikan sebagai bentuk wisata alam yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan. Keberadaan ekowisata berbasis alam menjadi inovasi penting untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan potensi desa ekowisata, Sebuah penelitian dilakukan di Desa Nagarapageuh untuk mengungkapkan strategi pemberdayaan masyarakat yang diterapkan oleh pemerintah desa dalam pengembangan potensi desa ekowisata. Landasan pemikiran mengacu pada teori strategi Barrreto (2015) mengemukakan bahwa strategi merujuk pada cara untuk mengidentifikasi situasi yang memiliki peluang untuk menghasilkan manfaat, dengan fokus pada penggunaan sumber daya manajemen. Jika strategi didasarkan pada kerja tim yang efektif, memiliki tujuan yang jelas, dan didasarkan pada ide-ide rasional untuk mencapai tujuan tersebut secara efisien, strategi tersebut dianggap efektif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi desain penelitian dan partisipan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat yang dijalankan oleh pemerintah desa dalam pengembangan ekowisata di Desa Nagarapageuh melalui pemberdayaan sumber daya manusia dan alam, serta program bimbingan dan penyuluhan agama. Pemberdayaan sumber daya manusia dilakukan melalui pembukaan lapangan pekerjaan baru, seperti pertanian dan usaha mikro, serta pendampingan dalam pengelolaan situs wisata. Meskipun demikian, penerapan startegi pemberdayaan masih belum optimal karena mengalami tantangan finansial, ancaman bencana alam, dan kurangnya kesadaran serta keterlibatan masyarakat lokal dalam pelestarian lingkungan dan budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekowisata; Partisipasi Masyarakat; Strategi Pemberdayaan Masyarakat.
Subjects: Communities > Structure Communities
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: muhammad hikam fauzi
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:42
Last Modified: 12 Jul 2024 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91299

Actions (login required)

View Item View Item