Nuraeni, Dini (2024) Persepsi siswa Madrasah Aliyah terhadap peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan bagian dari kurikulum pendidikan yang mempunyai peranan penting bagi siswa sebagai layanan penunjang yang membantu siswa untuk mencapai kemandirian dan perkembangan optimal dalam bimbingan pribadi, sosial, akademik, dan karir. Terkait hal ini persepsi siswa diperlukan untuk melihat dan menjadi tolak ukur bagi guru BK dalam memberikan layanan secara maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk terhadap peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi. Penelitian ini termasuk ke dalam metode penelitian deskriptif kualitatif dengan statistik distribusi frekuensi untuk mendapatkan data menggunakan alat bantu angket dan wawancara untuk menggambarkan sebagaimana adanya di lapangan. Konsep dari teori persepsi dalam penelitian ini mengacu pada 3 aspek utama, yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Berikut dengan konsep tentang faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi. Adapun hasil penelitian ini memaparkan persepsi siswa MA Al-Huda Pameungpeuk terus meningkat dari tahun ke tahun menjadi lebih baik dari sebelumnya sehingga sedikit demi sedikit mulai hilang stigma negatif terhadap BK yang peranannya sangat dibutuhkan di sekolah. Hal ini membuktikan bahwa persepsi siswa MA Al-Huda terhadap peran guru BK berada dalam kategori yang positif (baik) yaitu dalam besaran rata-ratanya tujuh puluh persen dari hasil rekapitulasi penyebaran angket. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi positif dari siswa itu dikarenakan guru BK telah melaksanakan peran dan tugasnya secara maksimal serta sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan dan Konseling; Persepsi; Peran Guru BK |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Dini Nuraeni |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:24 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 08:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91356 |
Actions (login required)
View Item |