Home industri abon ikan pantai Pajagan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi pemberdayaan masyarakat pantai Pajagan, Desa Cikahuripan, Kec. Cisolok, Kab.Sukabumi

Firdaus, Mochammad Rafi (2024) Home industri abon ikan pantai Pajagan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi pemberdayaan masyarakat pantai Pajagan, Desa Cikahuripan, Kec. Cisolok, Kab.Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Kondisi perekonomian di Indonesia telah menyebabkan munculnya beberapa permasalahan sosial yang pelik, seperti meningkatnya angka pengangguran, meningkatnya angka kemiskinan, serta menurunnya produktivitas dan kualitas angkatan kerja. Home industry diakui potensinya dalam memberikan manfaat ekonomi yang luas kepada masyarakat, berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian lokal, pengurangan pengangguran, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan memanfaatkan kecerdikan, keahlian, atau bakat suatu komunitas atau individu, maka dimungkinkan untuk mendirikan usaha yang menghasilkan pendapatan atau pendapatan rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan mereka sekaligus menciptakan lapangan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha home industry abon ikan dapat menyejahterakan perekonomian baik dari lingkup keluarga ataupun masyarakat sekitar nya. Landasan pemikiran skripsi ini menggunakan teori pemberdayaan menurut Edi Suharto (2014:59) Pemberdayaan merupakan serangkaian upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar dapat bersaing dan mandiri. Ini melibatkan akses ke sumber daya penting seperti pemasaran, teknologi, dan modal bagi kelompok kurang beruntung. Tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di salah satu home industry Abon ikan yang bertahan hingga saat ini yaitu Home Industri abon ikan Mulus Delima di Pantai Pajagan Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara terhadap pemilik home industry, pegawai, dan masyarakat sekitar, serta dokumen – dokumen yang mendukung keabsahan data ini. Analisis data dilakukan dengan memberikan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan dan disajikan lalu menarik Kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi data. Home Industri abon ikan yang ada di Pantai Pajagan Desa Cikahuripan saat ini hanya terdapat satu home industry abon ikan yang masih memproduksi yaitu Home Industri Abon Ikan Mulus Delima, yang dikelola oleh sepasang suami istri Bapak Abe Suhenda dan Ibu Neng Rahayu. Peran home industry abon ikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangat baik karena mampu membuka lapangan pekerjaan yang potensial sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, memiliki skill dan keterampilan serta kekuatan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi hidup nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Home Industry ; Kesejahteraan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities > Community Sociology
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mochammad Rafi Firdaus
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:38
Last Modified: 17 Jul 2024 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91392

Actions (login required)

View Item View Item