Profesionalisme wartawan dalam peliputan berita korporasi : Studi fenomenologi pengalaman wartawan Republika online perwakilan Jawa Barat

Lisa, Lisa (2024) Profesionalisme wartawan dalam peliputan berita korporasi : Studi fenomenologi pengalaman wartawan Republika online perwakilan Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Wartawan sebagai profesi terikat pada kaidah profesionalisme yang tercantum dalam Kode Etik Jurnalistik. Upaya untuk meraih dan menegakkan profesionalisme wartawan bukanlah hal yang mudah. Wujud dari salah satu aspek yang dapat mempengaruhi profesionalisme wartawan adalah saat ini banyak perusahaan korporasi yang bekerjasama dengan media dalam hal publikasi informasi. Bahkan di sejumlah media, pemasang iklan terbesar bersumber dari korporasi. Kondisi ini tentunya dapat mengancam independensi media dan objektivitas wartawan dalam menghasilkan produk jurnalistik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman wartawan Republika Online Perwakilan Jawa Barat dalam peliputan berita korporasi serta memahami perspektif fenomenologi tentang profesionalisme dalam peliputan berita korporasi. Studi ini mengeksplorasi bagaimana wartawan menghadapi tantangan, menjaga etika, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar saat menjalankan tugas jurnalistikanya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi Alfred Schutz dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses meliput berita korporasi, wartawan melaksanakan liputan sesuai arahan dari kepala perwakilan apabila ada undangan liputan dari korporasi, selain itu wartawan juga berinisiatif melaksanakan liputan apabila ada informasi penting yang perlu diketahui oleh masyarakat. Dalam proses penulisan berita korporasi, meskipun ada hubungan kerjasama antara Republika dengan pihak korporasi, wartawan mampu menjaga dan tetap menulis berdasarkan kaidah penulisan jurnalistik yang sesuai dengan kode etik. Sedangkan dalam publikasi berita korporasi, wartawan mengedepankan ketelitian dan keakuratan melalui verifikasi dan persetujuan oleh korporasi yang bersangkutan. Adapun profesionalisme wartawan dalam penelitian ini mencakup komitmen wartawan untuk menyampaikan berita yang akurat dan berimbang serta mengutamakan integritas dan independensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme; pengalaman; wartawan; berita korporasi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Christian Experience, Practice, Life
Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Lisa Lisa
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:47
Last Modified: 12 Jul 2024 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91407

Actions (login required)

View Item View Item