Pengaruh Pengelolaan Sampah Terhadap Kesejahteraan Pelaku Bank Sampah: Penelitian di Kelurahan Pakemitan, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung

Divanya, Celia Sandra (2024) Pengaruh Pengelolaan Sampah Terhadap Kesejahteraan Pelaku Bank Sampah: Penelitian di Kelurahan Pakemitan, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Sampah selalu menjadi persoalan yang terus mengkhawatirkan, begitu pula di Kota Bandung. Oleh karena itu, perlu adanya pembenahan dalam pengelolaan sampah di semua lingkungan, salah satu upaya yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bandung yakni dengan pembentukan Bank Sampah dengan program yang Bernama KANG PISMAN, yang mana bermaksud untuk tiap kelurahan itu ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program ini, salah satunya yakni Kelurahan Pakemitan. Para pelaku Bank Sampah di Kelurahan Pakemitan termasuk salah satu dari beberapa kelurahan yang aktif dalam melaksanakan pengelolaan sampah baik organik maupun anorganik. Di mana, hal tersebut dapat memberikan pengaruh positif yang penting bagi lingkungan sekitar terutama para pelakunya. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk dapat mengetahui seberapa besar persentase dari pengelolaan sampah dan kesejahteraan pelaku Bank Sampah di Kelurahan Pakemitan, serta persentase besarnya pengaruh pengelolaan sampah tersebut terhadap kesejahteraan anggotanya. Teori pada penelitian ini adalah Teori Strukturasi dari Anthony Giddens yang memfokuskan pada tindakan individu. Di mana, struktur membentuk perilaku agen dan juga sebaliknya, yakni perilaku agen pun memperkuat suatu struktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini memiliki sampel jenuh yang berjumlah 45 responden. Pengujian analisis penelitian yakni menggunakan IBM SPSS versi 22, yang mana pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner secara menyeluruh kepada pelaku bank sampah di Kelurahan Pakemitan. Selain itu, data sekunder didukung dengan data dari dokumen pihak terkait, observasi serta wawancara, serta berbagai literatur yang relevan dengan penelitian ini, seperti buku, jurnal penelitian, skripsi, artikel, dan internet. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan sampah (X) terhadap kesejahteraan pelaku bank sampah (Y), hal ini teruji melalui uji t dengan t hitung (4,036) > t tabel (1,681). Lalu, dikuatkan dengan nilai signifikansi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk hasil dari uji regresi linier sederhana yakni mendapat hasil persamaan Y = 9,826 + 0,684X dan nilai koefisiennya positif. Selanjutnya, pada hasil dari tanggapan responden tentang pengelolaan sampah sebesar 87,9% dan pada tanggapan responden mengenai kesejahteraan pelaku bank sampah sebesar 81,9%. Lalu, penelitian ini memiliki kontribusi sebesar 27,5%, sementara itu sisanya yakni 72,5% diuraikan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Bank Sampah; Kesejahteraan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Celia Sandra Divanya
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:14
Last Modified: 12 Jul 2024 07:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91414

Actions (login required)

View Item View Item