Pengaruh Prepaid Expenses dan Prepaid Taxes terhadap Total Current Assets pada PT. MNC Land Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Dewi, Anneu Puspta (2024) Pengaruh Prepaid Expenses dan Prepaid Taxes terhadap Total Current Assets pada PT. MNC Land Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh penilaian kondisi perusahaan yang efektif dan efisien sebagai tolak ukur untuk mempresentasikan tingkat kesehatan perusahaan yang salah satunya tercermin dalam Total Current Assets. Prepaid Expenses dan Prepaid Taxes merupakan indikator-indikator yang dapat mengukur tingkat efisiensi perusahaan dalam mengelola Current Assets. Semakin majunya perekonomian didukung oleh tersedianya infrastruktur yang memadai. Kegiatan pembangunan infrastruktur memerlukan modal atau dana pertama untuk selanjutnya digunakan perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya. Pembayaran biaya dan pajak terhadap negara ini dilakukan dengan sistem dibayar dimuka yaitu diantaranya dengan Prepaid Expenses (biaya dibayar dimuka) dan Prepaid Taxes (pajak dibayar dimuka). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Prepaid Expenses terhadap Total Current Assets di PT. MNC Land Tbk secara parsial, mengetahui seberapa besar pengaruh Prepaid Taxes terhadap Total Current Assets di PT. MNC Land Tbk secara parsial, dan mengetahui seberapa besar pengaruh Prepaid Expenses dan Prepaid Taxes terhadap Total Current Assets secara simultan pada PT. MNC Land Tbk Periode 2013-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipergunakan bersumber dari laporan keuangan PT. MNC Land Tbk selama periode 2013-2022. Analisis yang dilakukan menggunakan metode analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Prepaid Expenses secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Total Current Assets dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 55,5% sedangkan 44,5% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya. Selanjutya Prepaid Taxes secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Total Current Assets dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 23,8% sedangkan 76,2% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya. Kemudian secara simultan diketahui bahwa Prepaid Expenses dan Prepaid Taxes tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Total Current Assets pada PT. MNC Land Tbk Periode 2013-2022 dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 57,4% dan 42,6% dijelaskan oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prepaid Expenses; Prepaid Taxes; Total Current Assets
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Anneu Puspita Dewi
Date Deposited: 15 Jul 2024 00:51
Last Modified: 15 Jul 2024 00:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91448

Actions (login required)

View Item View Item