Peran penyuluh Keluarga Berencana melalui bina keluarga remaja dalam meningkatkan partisipasi keluarga: Penelitian di Kampung KB Jayasari Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Ryanti, Alica Nur (2024) Peran penyuluh Keluarga Berencana melalui bina keluarga remaja dalam meningkatkan partisipasi keluarga: Penelitian di Kampung KB Jayasari Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Salah satu daerah yang mengembangkan kegiatan Bina Keluarga Remaja (BKR) yaitu Kecamatan Tanjungsari. Setelah dilakukan pra-survei langsung di lapangan, diperoleh keterangan dari Bapak Samsudin selaku Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana di wilayah Kecamatan Tanjungsari, beliau menuturkan bahwa terdapat permasalahan terkait rendahnya partisipasi masyarakat untuk mengikuti Bina Keluarga Remaja (BKR) di wilayah Kecamatan Tanjungsari khususnya di Kampung KB Jayasari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran penyuluh Keluarga Berencana (KB) melalui program Bina Keluarga Remaja (BKR) dalam meningkatkan partisipasi keluarga di Kampung KB Jayasari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil dan ditarik kesimpulan penelitian. Adapun teori yang digunakan ialah teori peran menurut Ralph Linton, yang menyatakan bahwa peran adalah pola perilaku yang diharapkan dari seseorang yang menempati posisi tertentu dalam masyarakat. Selain itu menggunakan teori partisipasi menurut Sherry Arnstein, yang mengidentifikasi berbagai tingkat partisipasi masyarakat dari manipulasi hingga kendali masyarakat penuh. Hasil penelitian menegaskan bahwa penyuluh KB memiliki peran strategis sebagai pengelola, penggerak partisipasi masyarakat, dan penggalang kemitraan dalam program KB nasional di desa/kelurahan. Penyuluh KB menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang program BKR dan kesehatan reproduksi remaja, mampu mengembangkan keterampilan kader BKR, serta menciptakan lingkungan yang mendukung untuk keluarga dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan BKR. Secara keseluruhan, partisipasi keluarga dalam mengikuti kegiatan BKR meningkat, terlihat dari jumlah peserta yang semakin banyak, pemahaman yang lebih baik tentang tujuan dan manfaat program, serta penerapan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan program BKR di Kampung KB Jayasari dapat memberikan dampak yang lebih signifikan dalam meningkatkan partisipasi dan kualitas hidup keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyuluh Keluarga Berencana; Bina Keluarga Remaja; Partisipasi Keluarga
Subjects: Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nur Ryanti Alica
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:27
Last Modified: 12 Jul 2024 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91458

Actions (login required)

View Item View Item