Pengaruh kualitas konten, iklan social media dan Islamic Branding terhadap Engagement social media pada produk Zoya dengan variabel religiusitas sebagai moderasi

Hidayat, Hilmi Sirojuddin (2024) Pengaruh kualitas konten, iklan social media dan Islamic Branding terhadap Engagement social media pada produk Zoya dengan variabel religiusitas sebagai moderasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Dafsi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB V)
8_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Dafus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Selain kemajuan teknologi, media sosial telah muncul sebagai metode populer untuk menarik konsumen. Media sosial merujuk pada berbagai platform online seperti blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual yang mengakibatkan orang untuk berinteraksi, berbagi, dan menciptakan informasi dengan mudah. Indonesia sebagai negara berkembang memiliki 139 juta pengguna aktif media sosial. Dengan memaksimalkan fitur-fitur di social media, merek dapat menciptakan konten yang mempengaruhi audiens untuk berinteraksi dengan mereka. Engagement Social media merupakan usaha untuk melakukan interaksi sosial dengan melibatkan pengguna dengan perusahaan melalui Media sosial. Engagement Social media dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kualitas konten, iklan social media dan islamic branding.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara statistik pengaruh Kualitas Konten, Iklan Social media Dan Islamic Branding yang dimoderasi oleh variabel religiusitas Terhadap Engagement Social media Pada Produk Zoya. Populasi pada penelitian ini adalah responden yang tidak sengaja bertemu dengan peneliti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data primer yang diambil langsung dari penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang dipakai teknik pengambilan sampel yang diterapkan ialah non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 150 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS)). Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan bantuan program aplikasi SmartPLS 4.1.0.2. Hasil Penelitian ini menunjukan kualitas konten berpengaruh positif dan signifikan terhadap engagement social media yang ditunjukan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,050 yaitu sebesar 0,046 artinya hipotesis diterima. Iklan social media berpengaruh positif dan signifikan dengan Tingkat signifikan 10% terhadap engagement social media dengan nilai signifikasi 0,091. Islamic Branding berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap engagement sosial media dengan nilai signifikansi 0,153. Islamic Branding yang dimodrasi oleh religiusitas berengaruh positif dan tidak signifikan dengan nilai signifikansi 0,304. Adapun R-Square sebesar 0.669, yang artinya 66,9% sebaran engagement social media dipengaruhi oleh kualitas konten, iklan social media, dan Islamic branding sebesar 66,9% sedangkan 33,1% dipengaruhi varibel lain diluar variabel independent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Konten; Iklan Social Media; Islamic Branding; Engagement Social Media; Religiusitas
Subjects: Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Hilmi Sirojuddin Hidayat
Date Deposited: 12 Jul 2024 10:56
Last Modified: 12 Jul 2024 10:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91496

Actions (login required)

View Item View Item