Strategi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Keluarga Penerima Manfaat (KPM): Studi penelitian deskriptif di Kelurahan Sukamelang Kecamatan Subang

Jannah, Miftahul (2024) Strategi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Keluarga Penerima Manfaat (KPM): Studi penelitian deskriptif di Kelurahan Sukamelang Kecamatan Subang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER (3).pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (2).pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (2).pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya faktor sumber daya manusia. Dengan SDM yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup suatu keluarga. Program Keluarga Harapan adalah program pemerintah yang bertujuan memberikan bantuan sosial bersyarat kepada masyarakat miskin. Program Keluarga Harapan memberikan layanan untuk keluarga miskin dengan fasilitas kesehatan ibu hamil dan balita, penyandang disabilitas, pendidikan, lansia, serta pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program Keluarga Harapan dengan programnya dapat mewujudkan SDM yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Program Keluarga Harapan terhadap peningkatan Sumber daya manusia, mengetahui pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat, dan mengetahui hasil yang dicapai dari Program Keluarga Harapan dalam pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada teori David (2015: 11), strategi yaitu mempengaruhi kesejahteraan jangka panjang organisasi secara keseluruhan. Strategi adalah rencana yang berjalan seiring dengan tujuan jangka panjang yang belum tercapai. Strategi adalah tindakan potensial yang memperhitungkan dan mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan. Sugiono (2012:9) Metode yang digunakan yaitu kualitatif . Penelitian ini bertumpu dari filsafat post positivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah yaitu peneliti akan berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan secara tepat dan jelas mengenai sifat dan keadaan, situasi dan kondisi, gejala dan perkembangannya serta hubungan antara obyek penelitian dengan gejala masyarakat lainnya. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Kelurahan Sukamelang bahwa Strategi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Pemberdayaan Sumber Manusia (SDM) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan adanya Program Keluarga Harapan ini membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kapasitas dan kemandirian keluarga penerima manfaat melalui bantuan tunai yang disertai pendampingan sosial. Adapun strategi dalam pemberdayaan keluarga penerima manfaat yaitu: memiliki beberapa pendekatan untuk memberdayakan sumber daya manusia keluarga penerima manfaat dengan pendekatan yang komprehensif meliputi : Pendidikan, Kesehatan, dan Peningkatan keterampilan.Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di lakukan 3 bulan sekali, peserta PKH merasa senang karena mereka merasakan manfaat dengan adanya program keluarga harapan ini yaitu mempunyai kehidupan yang lebih baik serta kebutuhan pendidikan, kesehatan, dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Program Keluarga Harapan; Pemberdayaan
Subjects: Social Process
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miftahul Jannah Miftah
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:30
Last Modified: 15 Jul 2024 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91568

Actions (login required)

View Item View Item