Pengaruh berita Islami Rubrik Khazanah Republika Online terhadap kompetensi mahasiswa dalam memahami prinsip jurnalisme profetik: Fokus penelitian mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2020

Barkah, Siti (2024) Pengaruh berita Islami Rubrik Khazanah Republika Online terhadap kompetensi mahasiswa dalam memahami prinsip jurnalisme profetik: Fokus penelitian mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover (3).pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK New (1).pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (3).pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.docx (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Media online atau daring merupakan sarana penyebaran berbasis digital sebagai integrasi dari kemajuan teknologi yang diakses dengan menggunakan internet. Dewasa ini, penelitian yang mengkaji media daring semakin meningkat karena media daring merupakan New Media yang menggabungkan media konvensional lainnya seperti cetak, televisi dan radio. Berita Islami merupakan informasi yang dianggap penting, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang mengandung muatan Islami. Salah satu media daring yang banyak memuat berita Islami adalah Republika. Jurnalisme profetik adalah suatu prinsip jurnalistik yang menuntut seorang praktisi jurnalistik untuk menulis sebagai penerus dakwah Nabi.Gagasan jurnalisme profetik adalah bagian dari ajakan untuk meneladani sifat Rasulullah, yakni Shiddiq (benar), Tabligh (menyampaikan, tak ada yang disembunyikan), Amanah (dapat dipercaya), Fathonah (cerdas). Berdasarkan penerapannya dalam media massa, akankah pemahaman mengenai prinsip jurnalisme profetik ini berimplikasi secara signifikan terhadap kompetensi mahasiswa dalam memahaminya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh berita Islami rubrik Khazanah Republika daring terhadap kompetensi mahasiswa dalam memahami prinsip jurnalisme profetik dengan fokus penelitian pada mahasiswa jurnalistik UIN Bandung angkatan 2020 dengan menggunakan teori Uses and Effect yang memiliki konsep dimana penggunaan media (uses) menjadi elemen yang sangat krusial karena pemahaman yang dapat memberikan wawasan tentang hasil dari proses komunikasi massa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode studi deskriktif, pun memakai paradigma positivisme. Penelitian ini berjalan dengan menyebarkan kuesioner kepada 38 responden mahasiswa jurnalistik angkatan 2020. Hasil penelitian ini, menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 77,2% berita Islami rubrik Khazanah Republika online terhadap kompetensi mahasiswa dalam memahami prinsip jurnalisme profetik dengan fokus penelitian kepada mahasiswa jurnalistik UIN Bandung angkatan 2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita Islami; Rubrik Khazanah; Republika Online; Jurnalisme Profetik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Siti Barkah Sibar
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:46
Last Modified: 15 Jul 2024 04:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91590

Actions (login required)

View Item View Item