Evaluasi layanan Aparatur Desa Sindanglaya Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia

Sulaeman, Arnezza Sidqi Nurfazri (2023) Evaluasi layanan Aparatur Desa Sindanglaya Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (5_BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (6_BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (7_BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (8_BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan kondisi IPM di berbagai desa di Indonesia yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan kota, Pelayanan aparatur desa memainkan peran penting dalam peningkatan IPM dengan penyediaan akses ke layanan dasar, program sosial, dan partisipasi dalam perencanaan pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja aparatur desa Sindanglaya Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, menilai program yang telah diimplementasikan oleh aparatur desa Sindanglaya, mengevaluasi keadaan kesehatan masyarakat desa Sindanglaya, menilai keadaan pendidikan di desa Sindanglaya, serta mengevaluasi keadaan ekonomi di desa Sindanglaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kualitatif menggali kompleksitas dan konteks secara mendalam, sementara pendekatan kuantitatif memberikan gambaran luas dan generalisasi. Gabungan data ini meningkatkan validitas temuan. Data kuantitatif memberikan bukti objektif, sementara data kualitatif memberikan pemahaman mendalam dan penjelasan kontekstual. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aparatur desa Sindanglaya telah mengimplementasikan dimensi keandalan dengan menyediakan layanan yang konsisten. Mereka juga merespons cepat terhadap kebutuhan masyarakat melalui pertemuan partisipatif dan menjamin kualitas layanan melalui program pelatihan kader kesehatan. Selain itu, mereka menunjukkan empati dengan membantu keluarga miskin mengakses program bantuan sosial. Bukti fisik dari implementasi ini terlihat dalam pemeliharaan infrastruktur, seperti puskesmas yang terawat dengan baik. Semua ini adalah contoh nyata bahwa aparatur desa Sindanglaya telah berkomitmen untuk memberikan layanan yang andal, responsif, terjamin, penuh empati, dan dengan bukti fisik yang mendukung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Strategi Pelayanan; IPM
Subjects: Public Administration
Public Administration > Research, Related Topics
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Arnezza Arnezza Arnezza
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:22
Last Modified: 16 Jul 2024 03:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91781

Actions (login required)

View Item View Item