Pemberdayaan berbasis Masjid dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di kawasan padat penduduk : Studi deskriptif di Masjid Ali Yasin, Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung

Rabbaniyyah, Faaza Fauziyyah (2024) Pemberdayaan berbasis Masjid dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di kawasan padat penduduk : Studi deskriptif di Masjid Ali Yasin, Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)

Abstract

Keberadaan masjid di tengah padatnya penduduk dengan lokasinya yang mudah diakses oleh semua orang memberikan peluang besar untuk masyarakat. Masjid Ali Yasin yang saat ini tidak lagi hanya sekedar tempat beribadah semata, memberikan kesempatan kepada masyarakat melalui pemberdayaan kegiatankegiatan yang diselenggarakan di masjid seperti ceramah, pelatihan pengembangan keterampilan, penyuluhan, serta penguatan bantuan ekonomi. Dengan pemberdayaan yang dilakukan, memberikan dampak yang luas dalam memperkuat jaringan sosial dan memperkuat nilai-nilai moral serta etika setiap individu. Adanya pemberdayaan berbasis masjid ini dinilai mampu memperkuat kualitas sumber daya manusia didalam masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan pemberdayaan yang dilakukan Masjid Ali Yasin dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kawasan padat penduduk, mengetahui seberapa banyak partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan yang dilakukan, serta mengetahui bagaimana hasil dari kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Masjid Ali Yasin. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Edi Suharto bahwa pemberdayaan sebagai sebuah proses dan tujuan. Serta teori pemberdayaan yang dikemukaan oleh Wuradji bahwa pemberdayaan sebagai sebuah proses penyadaran masyarakat yang dilakukan secara partisipatif dan berkesinambungan melalui peningkatan kemampuan dan bertujuan untuk menangani berbagai persoalan hidup supaya tercapai cita-cita yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan yang terjadi dilapangan dan mengumpulkan data yang mendalam. Data yang dikumpulkan berupa observasi yang dilakukan di Masjid Ali Yasin, serta wawancara yang dilakukan dengan pihak-pihak yang terkait, baik pihak pengelola masjid, Jamaah dan juga masyarakat sekitar, dengan disertai hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan berbasis masjid dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kawasan padat peduduk, telah memberikan manfaat untuk masyarakat. Keberadaan Masjid Ali Yasin menjadi sarana dakwah Islam dan menjadi tempat mengajar ilmu keislaman. Masjid Ali Yasin telah menjadi fasilitator memberikan kesempatan kepada jamaahdan masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ; Masjid ; Manusia ; Masyarakat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Faaza Fauziyyah Rabbaniyyah
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:22
Last Modified: 15 Jul 2024 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91794

Actions (login required)

View Item View Item