Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya jamur tiram: Studi deskriptif di Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung

Almaida, Nadira (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya jamur tiram: Studi deskriptif di Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu usaha dengan nilai ekonomis yang menjanjikan di daerah pedesaan. Dengan bahan baku yang mudah dicari hingga proses pembuatanya yang mudah, kelompok usaha sumber maju budidaya jamur tiram di Desa Sekarwangi sudah merintis usaha ini sejak tahun 2016 hingga kini berkembang dengan baik. Kampung jamur merupakan program yang dicetuskan sebagai prospek yang menjanjikan, hal ini dapat dilihat dari melimpahnya bahan baku, proses produksi yang bisa menggunakan teknik sederhana serta konsumsi masyarakat yang cukup tinggi, sehingga usaha budidaya jamur tiram mutlak diperlukan dalam skala besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Program Pemberdayaan Ekonomi Melalui Budidaya Jamur Tiram (2) Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Melalui Budidaya Jamur Tiram (3) Hasil Pemberdayaan Ekonomi Melalui Budidaya Jamur Tiram. Penelitian ini didasarkan pada teori pemberdayaan Edi Suharto, teori tersebut dipahami bahwasanya pemberdayaan merupakan sebuah tujuan dan proses untuk menuju keberhasilan, dalam teori tersebut dipaparkan bahwa proses pemberdayaan dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan. dan keberhasilan suatu pemberdayaan dapat diukur dengan indikator pemberdayaan yang sudah di tentukan. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, tahap berikutnya melakukan analisis data dari mulai verifikasi, klasifikasi, kategorisasi data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Program kegiatan pembudidayaan jamur tiram adalah melakukan kegiatan atau penyuluhan tentang budidaya jamur tiram yang bertujuan untuk, memberikan pemahaman, membangun usaha dalam memberdayakan ekonomi keluarga. Tahapan atau proses yang dilakukan oleh masyarakat dalam membudidayakan jamur tiram di Desa Sekarwangi dari proses pengamatan banyak manfaat dan ilmu kajian yang bisa kita ambil Hasil program pemberdayaan melalui budidaya jamur tiram ini sebagian besar masyarakat sudah mampu meningkatkan kebutuhan ekonomi, baik dalam kebutuhan sehari-hari bahkan kebutuhan pendidikan anak dan kebutuhan lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budidaya Jamur; Ekonomi Masyarakat; Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: Culture and Institutions
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Other Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadira Almaida
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:34
Last Modified: 16 Jul 2024 03:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91806

Actions (login required)

View Item View Item