Bimbingan keagamaan melalui kajian Stardaynite dalam meningkatkan kesadaran beragama jama’ah remaja di Real Masjid 2.0 Sleman, Yogyakarta

Kartika, Amelia (2024) Bimbingan keagamaan melalui kajian Stardaynite dalam meningkatkan kesadaran beragama jama’ah remaja di Real Masjid 2.0 Sleman, Yogyakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran beragama merupakan aspek spiritual dari aktivitas keagamaan. Aspek ini merupakan bagian atau aspek agama yang hadir (dirasakan) dalam pikiran dan dapat ditelaah melalui introspeksi. Kesadaran beragama jama’ah remaja yang mengikuti kajian stardaynite di Real Masjid masih perlu ditingkatkan dikarenakan terdapat beberapa jama’ah dengan kesadaran beragama yang cenderung minim, sehingga diperlukan adanya pemberian bimbingan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kondisi kesadaran beragama jama’ah remaja yang mengikuti kajian stardaynite di Real Masjid, 2) Menggambarkan proses bimbingan keagamaan melalui kajian stardaynite di Real Masjid, dan 3) Mengetahui hasil bimbingan keagamaan melalui kajian stardaynite dalam meningkatkan kesadaran beragama jama’ah remaja di Real Masjid. Bimbingan keagamaan melalui kajian stardaynite ini diberikan sebagai upaya agar para jama’ah terutama remaja yang baru hijrah dapat istiqomah untuk selalu dapat taat terhadap syariat-syariat Islam. Minimal dapat menjalankan ibadah yang wajibnya dahulu, kemudian para jama’ah mendapatkan circle baru, teman-teman baru yang saling mengingatkan dalam kebaikan dan merasa nyaman dalam menjalankan ketaatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan proses bimbingan keagamaan melalui kajian stardaynite dalam meningkatkan kesadaran beragama jama’ah remaja di Real Masjid. Adapun penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis dan ditarik menjadi kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kondisi jama’ah remaja yang memiliki kesadaran beragama yang masih minim disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya faktor perkembangan remaja, pengetahuan, pemahaman, dan lingkungan, 2) proses bimbingan keagamaan melalui kajian stardaynite dalam meningkatkan kesadaran beragama jama’ah remaja ini dilakukan setiap sepekan sekali dengan menggunakan metode dakwah dalam suasana kelompok yang terbagi kedalam empat tahap. 3) hasil dari bimbingan keagamaan melalui kajian stardaynite dalam meningkatkan kesadaran beragama jama’ah remaja di Real Masjid berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pengetahuan tentang menutup aurat, meningkatnya rasa bersyukur, meningkatnya pengetahuan tentang urgensi ibadah shalat, meningkatnya motivasi untuk berbuat baik, meningkatnya pemahaman tentang etika pergaulan antara pasangan remaja dan remaja mengisi waktu ditempat yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kesadaran Beragama; Remaja
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Amelia Kartika
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:01
Last Modified: 17 Jul 2024 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91892

Actions (login required)

View Item View Item