Bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan sikap religius pasien Rawat Inap : Penelitian di Rumah Sakit Al Islam Bandung Jalan Soekarno Hatta nomor 644 Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung

Rezeki, Fitri Sri (2024) Bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan sikap religius pasien Rawat Inap : Penelitian di Rumah Sakit Al Islam Bandung Jalan Soekarno Hatta nomor 644 Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (2).pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Pemenuhan kebutuhan religi dirumah sakit sangat dibutuhkan oleh pasien muslim. Hal ini sebagaimana penelitian yang telah dilakukan disalah satu rumah sakit yang berada di Bandung, bahwa 96,05% pasien membutuhkan pemenuhan kebutuhan religi dalam keaadan sakit. Dalam hal ini dapat diketahui juga bahwa pemberian layanan perawatan bagi pasien belum cukup memenuhi kebutuhan pasien sepenuhnya. Hal ini juga ditandai dengan kondisi pasien yang putus asa untuk sembuh, kehilangan kepercayaan, keraguan dalam memaknai hidup, hingga mengucapkan hal-hal yang berkaitan dengan kematian. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pasien, rumah sakit perlu memberikan fasilitas layanan tambahan yang dapat membantu kebutuhan spiritualnya terpenuhi dan memperoleh kesehatan yang menyeluruh. Penelitian ini bertolak dari teori bimbingan rohani Islam bahwa bimbingan rohani Islam merupakan pemberian bantuan, pemeliharaan, pengembangan serta pengobatan ruhani individu dari berbagai gangguan serta penyakit yang mengotori kesucian fitrah ruhani. Agar menjadi individu yang selamat dan bahagia, didunia serta diakhirat yang berlandasrkan pada al-qur’an, as-sunnah serta hasil ijtihad yang telah dilakukan melalui metodologi penalaran serta pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program bimbingan rohani Islam di Rumah Sakit Al Islam Bandung; (2) Proses bimbingan rohani Islam di Rumah Sakit Al Islam Bandung; dan (3) Hasil bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan sikap religius pasien rawat inap di Rumah Sakit Al Islam Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yakni menggambarkan secara sistematis, faktual dan aktual mengenai fakta yang berkaitan dengan bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan sikap religius pasien rawat inap di Rumah Sakit Al Islam Bandung. Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan rohani Islam di Rumah Sakit Al Islam Bandung sudah mampu untuk meningkatkan sikap religius pasien rawat inap. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap pada pasien rawat inap dalam menyikapi sakit, yakni dengan rasa tenang dan pasrah kepada Allah yang memberikan rasa sakit tersebut. Serta, pasien menjadi semangat untuk melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT. Kata Kunci: Bimbingan Rohani Islam, Sikap Religius, Pasien Rawat Inap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan rohani; religius; pasien rawat inap; rumah sakit; RSAI Bandung
Subjects: Psychology > Psychologist
Religious Experiences
God > Justice and Goodness
Spiritual Beings
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fitri Sri Rezeki
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:10
Last Modified: 16 Jul 2024 03:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91912

Actions (login required)

View Item View Item