Juliansyah, Dicky (2024) Manajemen pembelajaran berbasis digital hubungannya dengan mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya pada pembelajaran siswa mulai banyak digunakan pasca terjadinya pandemi Covid-19. Akan tetapi, penggunaan teknologi dalam pembelajaran siswa ini tidak jarang menimbulkan masalah yang cukup menghambat proses pembelajaran. Masalah tersebut diantaranya yaitu sinyal internet yang jelek, keterbatasan fasilitas pembelajaran digital yang tidak memadai, dan keterampilan guru yang masih kurang mumpuni dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran digital. Oleh karena itu, pentingnya penyediaan fasilitas yang memadai dan pelatihan terhadap pendidik menjadi prioritas utama untuk direalisasikan. Penelitian ini berfokus untuk: 1) mengetahui manajemen pembelajaran berbasis digital di MAN Kabupaten Bandung; 2) mengetahui mutu pendidikan di MAN Kabupaten Bandung; 3) mengetahui hubungan manajemen pembelajaran berbasis digital dengan mutu pendidikan di MAN Kabupaten Bandung. Manajemen pembelajaran berbasis digital memiliki indikator perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, dan penilaian. Indikator dari mutu pendidikan meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Adapun hipotesis dalam penelitian Ha: terdapat hubungan antara manajemen pembelajaran berbasis digital dengan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan metode deskriptif korelasional. Sumber data dikumpulkan dengan cara pembagian angket kepada 83 responden. Data dianalisis melalui tahapan yang terdiri dari uji coba instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji analisis statistik (analisis parsial per indikator dan interpretasinya), uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (uji korelasi dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil uji korelasi bernilai 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dua variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini mendapatkan nilai pearson correlation sejumlah 0,850, yang mempunyai lambang (+) dan tidak memiliki lambang (-) pada nilai yang dihasilkan. Jadi, variabel dalam penelitian ini mempunyai hubungan yang searah dan sangat kuat sebab masuk tingkatan interval 0,80-1,00, juga bermakna lain semakin tinggi manajemen pembelajaran berbasis digital, maka semakin tinggi pula mutu pendidikan. Riset ini pun mendapatkan hasil R Square sejumlah 0,722 yang bermakna peran manajemen pembelajaran berbasis digital dengan mutu pendidikan sebesar 72,2% dan selebihnya yaitu 27,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital; Mutu Pendidikan |
Subjects: | Education General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dicky Juliansyah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:34 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91936 |
Actions (login required)
View Item |