Pengaruh kegiatan dakwah muslim Qur'anic Academy terhadap religiusitas peserta: Penelitian pada peserta miqa di Rumah Qur'an Aqsyanna, Kota Tangerang Selatan

Nabila, Alifia (2024) Pengaruh kegiatan dakwah muslim Qur'anic Academy terhadap religiusitas peserta: Penelitian pada peserta miqa di Rumah Qur'an Aqsyanna, Kota Tangerang Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan dakwah bertujuan untuk mengajak umat manusia ke jalan yang dirahmati oleh Allah SWT. Fenomena berdakwah melalui komunitas hijrah kini menjadi wadah bagi seseorang yang ingin mendalami ajaran Islam. Salah satu komunitas hijrah yang memberikan fasilitas untuk mengajak pemuda menjadi pribadi yang lebih baik sesuai ajaran Islam adalah Muslim Qur’anic Academy (MIQA) Aqsyanna. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa pengaruh kegiatan dakwah Muslim Qur’anic Academy terhadap religiusitas peserta. Adapun penelitian ini menggunakan teori Stimulus-Organism-Respons (S-O-R) yang dikemukakan oleh Hovland. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 67 peserta. Kriteria kuisioner kegiatan dakwah meliputi aqidah, syariah, dan akhlak, sedangkan religiusitas diukur melalui keyakinan (belief), peribadatan (practice), pengetahuan (knowledge), pengalaman (experience), dan konsekuensi (concequences). Adapun analisis data dilakukan dengan Teknik Analisis Regresi Sederhana menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi sebesar 59,4%, dengan sisa 40,6% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), menandakan pengaruh signifikan kegiatan dakwah terhadap religiusitas peserta. Hasil regresi menunjukkan bahwa peningkatan 1 poin pada kegiatan dakwah meningkatkan religiusitas peserta sebesar 1,285 poin. Kesimpulannya yaitu kegiatan dakwah memiliki pengaruh yang kurang cukup terhadap religiusitas peserta karena dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan Islami peserta dan keterlibatan mereka dalam komunitas hijrah lainnya. Meskipun materi yang disampaikan baik, namun sebagian dianggap kurang mendalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Dakwah; Religiusitas; MIQA Aqsyanna
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alifia Nab Alifia Nabila
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:42
Last Modified: 16 Jul 2024 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91938

Actions (login required)

View Item View Item