Kualitas hadis tentang kebolehan memberikan pahala amalan kebaikan dalam kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama'ah karya Ali Maksum

Putri, Salsabilla Desviani (2024) Kualitas hadis tentang kebolehan memberikan pahala amalan kebaikan dalam kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama'ah karya Ali Maksum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Isu terkait sampainya pahala kepada mayit, di mana pahala yang diperoleh oleh individu yang masih hidup diberikan sebagai hadiah untuk orang yang telah meninggal, seringkali menjadi sumber kontroversi dalam konteks kehidupan beragama Islam di sekitar kita. Bahkan, mungkin terjadi saling tuduh-menantu ketika terdapat perbedaan pendapat, dengan menggunakan istilah seperti menyebut satu sama lain sebagai ahli bid’ah atau bahkan lebih serius lagi. Fenomena tersebut yang medorong penelitian ini untuk mengangkat tema sampainya pahala kepada orang yang telah meninggal. Sehingga literatur tentang sampainya pahala terhadap mayit dapat memberikan pemahan yang relevan dengan subtansi laknat yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan untuk membahas Tentang Sampainya Pahala Amalan Kebaikan Kepada Mayit Dalam Kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’ah Karya Ali Maksum. Maka peneliti merumuskan masalah bagaimana kualitas hadis tentang sampainya pahala amalan kebaikan kepada mayit dalam kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’ah Karya Ali Maksum? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas hadis tentang sampainya pahala amalan kebaikan kepada mayit dalam kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’ah Karya Ali Maksum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analistis. Sumber primer penelitian ini adalah kitab-kitab hadis, terutama kutub at-tis’ah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat lima hadis yang membahas sampainya pahala kepada mayit. Hadis-hadis tersebut semuanya tidak berasal dari kitab Mashadir Ashliyah dan kulitas semua hadisnya ḍhā’if. Dan pendapat para ulama menyatakan bahwa memberikan pahala amalan kebaikan kepada mayyit dibolehkan dan pahalanya akan sampai kepada mayit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hadis; Mayit; Pahala
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Salsabilla Desviani Putri
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:15
Last Modified: 17 Jul 2024 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91983

Actions (login required)

View Item View Item