Fadilah, Nurul (2024) Konseling Islami melalui Home Visit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jatinangor. Sarjana thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan bolos sekolah yang marak terjadi di SMPN 2 Jatinangor. Hal tersebut menunjukkan motivasi belajar siswa di sekolah masih rendah. Faktor penyebab dari fenomena tersebut adalah kurangnya perhatian dari orang tua yang sibuk bekerja sehingga siswa bersekolah dengan seenaknya. Konseling islami melalui Home Visit berperan dalam memberikan bantuan, juga arahan untuk mengurangi kasus tersebut dan meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 2 Jatinangor. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan terkait program konseling islami melalui Home Visit, kondisi motivasi belajar siswa SMPN 2 Jatinangor, dan hasil dari kegiatan konseling islami melalui Home Visit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 2 Jatinangor. Landasan teoritis yang menjadi pijakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tema penelitian ini, yakni: a) Konseling Islami, b) Home Visit, dan c) Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling islami melalui Home Visit efektif dan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 2 Jatinangor. Ini ditunjukkan dengan peningkatan kualitas absensi siswa yang menjadi lebih baik. Absensi siswa yang sebelumnya memiliki absensi alfa lebih dari 3 kali ataupun absensi kehadirannya masih di bawah 85 persen, setelah dilakukan konseling islami melalui Home Visit berubah kehadirannya menjadi di atas 85 persen. Kegiatan konseling islami melalui Home Visit dilakukan oleh Guru BK yang berkoordinasi dengan wali kelas siswa yang memiliki masalah. Pelaksanaan kegiatan konseling islami melalui Home Visit dilakukan melalui 3 tahapan, yakni: a) Tahap Perencanaan, b) Tahap Pelaksanaan, c) Tahap Evaluasi dan Tindak Lanjut. Kegiatan konseling islami melalui Home Visit diketahui berhasil atau tidaknya melalui perkembangan kondisi siswa. Pada proses untuk menyukseskan kegiatan islami melalui Home Visit, orang tua siswa berperan aktif di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Islami; Home Visit; Motivasi Belajar |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Fadilah Nurul |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:11 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92025 |
Actions (login required)
View Item |