Persepsi siswa terhadap penggunaan media visual Puzzle hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian korelasional di SMPN 03 Cileunyi Bandung

Azhari, Laela (2024) Persepsi siswa terhadap penggunaan media visual Puzzle hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian korelasional di SMPN 03 Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BA V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari guru PAI bahwa penggunaan media visual puzzle mendapatkan tanggapan yang baik dari siswa, dapat dilihat dari antusias siwa dalam proses pembelajaran, namun pada pelaksanaannya masih ditemui beberapa siswa yang motivasi belajarnya rendah. Hal ini dibuktikan dengan masih banyak siswa yang kurang aktif, asyik sendiri dan tidak fokus ketika proses pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Visual Puzzle, 2) Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI, 3) Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Visual Puzzle dengan Motivasi Belajar Mereka pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 03 Cileunyi Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Visual Puzzle dapat memengaruhi motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran PAI. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Visual Puzzle dengan motivasi belajar mereka pada mata Pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Persepsi siswa terhadap penggunaan media visual puzzle (X) termasuk ke dalam kriteria baik dengan nilai rata-rata 3,82 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran PAI (Y) di SMPN 03 Cileunyi termasuk ke dalam kriteria baik dengan nilai rata-rata 3,74 yang berada pada interval 3,40-4,19. 3) Hubungan antara variabel X dengan variabel Y ditunjukkan dengan nilai rata-rata 0,39 yang berada pada interval 0,20-0,39 yang dikategorikan ke dalam korelasi rendah atau lemah. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa nilai thitung 2,48 > ttabel yaitu 1,69, maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 16%, sementara sisanya sebesar 84% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Artinya dengan taraf signifikansi α = 5%, terdapat korelasi positif yang signifikan antara Persepsi siswa terhadap penggunaan media visual puzzle (X) dengan Motivasi Belajar Siswa (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Media puzzle; Motivasi Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: laela azhari
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:48
Last Modified: 19 Jul 2024 01:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92178

Actions (login required)

View Item View Item