Hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru: Penelitian pada guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung

Ruhiyat, Aat (2023) Hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru: Penelitian pada guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah merupakan pemimpin pendidikan yang salah satu tugas pentingnya adalah melakukan perubahan dengan membantu guru mengembangkan daya kesanggupannya untuk menciptakan iklim sekolah yang menyenangkan dan untuk mendorong guru, murid, dan orangtua murid supaya mempersatukan kehendak, pikiran, dan tindakan dalam kegiatan-kegiatan bersama secara efektif bagi tercapainya maksud-maksud sekolah. Peranan kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru, perlu dipahami bahwa setiap pemimpin bertanggung jawab mengarahkan apa yang baik bagi pegawainya, dan dia sendiri harus berbuat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di madrasah aliyah di Kab. Bandung, untuk mengetahui dan mendeskripsikan kinerja guru di madrasah aliyah di Kab. Bandung, dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru di madrasah aliyah di Kab. Bandung. Metode dalam penelitian ini ialah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua analisis, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Kabupaten Bandung, dengan nilai signifikansi 0,000. Oleh karena itu 0,000<0,05 maka terdapat korelasi atau hubungan antara kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru. Berdasarkan hasil penghitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,423. Terdapat pada tingkat kekuatan yang sedang, karena terdapat pada kategori 0,40 – 0,59. Kemudian diperoleh koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0,169 bermakna bahwa kontribusi variabel kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru adalah 16,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kinerja Guru
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aat Ruhiyat
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:04
Last Modified: 24 Jul 2024 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92190

Actions (login required)

View Item View Item