Perbandingan penafsiran Wahbah az-Zuhaili dan penafsiran Imam al-Qurthubi tentang pinjaman (Al-Qardh) dalam Al-Qur’an dan relevansinya dengan fenomena pinjaman online: Studi atas tafsir Al-Munir dan tafsir Al-Qurthubi

Zahira, Shifwah Salsabila (2024) Perbandingan penafsiran Wahbah az-Zuhaili dan penafsiran Imam al-Qurthubi tentang pinjaman (Al-Qardh) dalam Al-Qur’an dan relevansinya dengan fenomena pinjaman online: Studi atas tafsir Al-Munir dan tafsir Al-Qurthubi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Pada saat ini, perkembangan zaman terutama diteknologi, tren serta gaya hidup konsumerisme sangatlah berkembang pesat. Masyarakat pun yang dihadapkan dengan berbagai gaya hidup konsumerisme ini membuat masyarakat tergiur dengan gaya hidup orang lain. Namun, kurangnya pendapatan yang dihasilkan tentunya menggunakan pinjaman online merupakan salah satu opsi untuk menuruti gaya hidup mereka. Kemudian yang menjadi pertanyaanya yaitu apakah ada upaya dalam pinjaman online ini tidak mengakibatkan orang harus terlilit utang, agar masyarakat hidup dengan sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai penafsiran, persamaan dan perbedaan serta analisis dari penafsiran antara Wahbah az-Zuhaili dan Imam al-Qurthubi berkenaan tentang pinjaman (Al-Qardh) dalam Al-Qur’an dan relevansinya dengan fenomena pinjaman online. Pinjaman online atau pinjol merupakan sebuah wadah untuk melakukan jasa pinjaman melaui aplikasi yang dapat memudahkan sekaligus membantu masyarakat, dan aplikasi ini bisa diakses dalam bentuk online (tidak secara langsung). Metode penelitian ini adalah menggunakan metode komparatif. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif. Adapun sumber penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan (library research). Lalu teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Dan teknik analisis data yang telah dilakukan akan berbentuk deskriptif analitik. Hasil dan pembahasan penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penafsiran dari ayat-ayat tentang Al-Qardh adalah seputar tentang utang, baik itu yang bersangkutan dengan warisan dan hal lainnya. Analisis penafsiran tentang Al-Qardh menurut Wahbah az-Zuhaili membahas sikap kepada orang yang berutang, transaksi tidak secara langsung, dan lainnya. Lalu menurut Imam al-Qurthubi membahas tenggang waktu terhadap utang, tatacara utang piutang, ketentuan dalam menuliskan transaksi utang, dan lainnya. Persaman dan perbedaannya tentang Al-Qardh menurut Wahbah az-Zuhaili dan Imam al-Qurthubi tentang pinjaman online (Al-Qardh) yaitu persamaanya sama-sama membahas utang dalam penafsirannya, sedangkan perbedaanya yaitu penafsiran Wahbah lebih umum sebab corak tafsirnya lebih condong pada corak adabi ijtimai, sehingga penjelasannya lebih kepada nilai-nilai sosial dari sikap orang yang melakukan pinjaman (Al-Qardh) tersebut, sedangkan Imam al-Qurthubi karena coraknya Fiqh, sehingga lebih jelas dan terperinci penjelasannya mengenai aturan serta tatacara yang seharusnya dilakukan seseorang dalam melakukan pinjaman (Al-Qardh).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qardh; Imam Al-Qurthubi; Pinjaman Online; Wahbah Az-Zuhaili
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Shifwah Salsabila Zahira
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:29
Last Modified: 24 Jul 2024 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92263

Actions (login required)

View Item View Item